Iklan RBTV Dalam Berita

Daftar 10 Negara yang Pernah Ganti Nama, Bagaimana dengan Indonesia Setelah Pindah Ibu Kota?

Daftar 10 Negara yang Pernah Ganti Nama, Bagaimana dengan Indonesia Setelah Pindah Ibu Kota?

Daftar negara yang pernah mengganti nama--

Sebelum menjadi Iran, negara yang terletak di Timur Tengah itu bernama Persia. Dikutip dari History Hit, perubahan nama dari Persia menjadi Iran terjadi sejak zaman kekuasaan Syah Reza Pahlevi pada 1935.

Syah mengganti nama tersebut karena ingin melahirkan sebuah negara baru yang jauh dari pengaruh zaman dulu.

Penggunaan Persia berawal dari istilah "Parsa" yang merujuk pada nama kelompok etnis asal Cyrus. Cyrus juga merupakan nama dari raja pertama negeri Persia.

4. Türkiye

Türkiye berdiri pada tahun 1923 dengan nama Republik Turki. Di tahun 2022, Republik Turki berubah menjadi Türkiye atau Republik Türkiye. Turkiye diucapkan sebagai tur-key-yay merupakan versi bahasa Inggrisnya 'Turki'.

Perubahan itu dilakukan untuk mencerminkan ejaan dan pengucapan yang lebih sesuai dengan bahasa lokal. Selain itu, pengubahan nama Türkiye bertujuan untuk menghindari jejak kolonial.

BACA JUGA:Hari Puasa Arafah di Indonesia dan Arab Saudi Berbeda Lagi, Bagusnya Ikut yang Mana? Ini Penjelasan 2 Ulama

5. eSwatini

Sebelum menjadi eSwatini di tahun 2018, negara ini bernama Swaziland. Namanya diambil dari bahasa Swati asli. Akan tetapi, pengubahan nama negara ini sempat menimbulkan perdebatan.

Dikutip dari BBC, pengumuman perubahan nama ini membuat sebagian orang di eSwatini marah lantaran perekonomian negara sedang lesu dan raja harus lebih fokus terhadap hal itu dibanding nama negara.

6. Ghana

Sebelum kemerdekaan, Ghana disebut pantai emas atau Gold Coast. Melansir dari situs resmi Ghana, nama Gold Coast mulanya mengacu pada tradisi lisan yang menulis soal peristiwa migrasi dari kerajaan kuno di Sudan barat.

Gold Coast kemudian berganti nama menjadi Ghana usai meraih kemerdekaan pada 1957.

BACA JUGA:Apakah Boleh Kita Memakan Hewan Kurban Sendiri? Ini Penjelasan Hukumnya serta Jatah Maksimal

7. Republik Makedonia Utara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: