Iklan dempo dalam berita

Kirim Paket Lewat Pos Bisa COD, Begini Caranya dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Kirim Paket Lewat Pos Bisa COD, Begini Caranya dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Kirim Paket Lewat Pos Bisa COD, Begini Caranya dan Hal yang Perlu Diperhatikan--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Kirim paket lewat Pos bisa COD, begini caranya dan hal yang perlu diperhatikan.

Dari sejak dulu kala, skema berbelanja dengan cara penjual mendatangi pembeli ke rumah, lalu pembeli membayar di tempat adalah cara berjual beli yang telah ada bahkan sebelum menjamurnya sistem belanja online. Cash on delivery (COD) adalah jenis transaksi dimana pembeli membayar barang pada saat pengiriman daripada menggunakan kredit. Namun, dalam perkembangannya, sistem pembayaran COD juga diterapkan pada marketplace. Pada model seperti ini, pembeli bukan membayar langsung kepada penjual, melainkan melalui perantara kurir atau jasa pengiriman yang mengirimkan barang pesanan. 

BACA JUGA:Siap-siap Ribuan Petugas Sortir PT Pos Indonesia Bakal Kena PHK Massal, Simak Faktanya di Sini

Syarat dan bentuk pembayaran yang diterima berbeda-beda sesuai dengan ketentuan pembayaran dalam perjanjian pembelian. Definisi COD atau Cash on delivery juga disebut sebagai collect on delivery karena pengiriman memungkinkan pembayaran tunai, cek, atau elektronik. Namun demikian, perlu dicatat bahwa tak semua marketplace menyediakan layanan COD, begitu pun tak semua jasa kurir ekspedisi mendukung layanan COD untuk memfasilitasi transaksi antara penjual dan pembeli.

BACA JUGA:Intip Sejarah PT Pos Indonesia, Berdiri Sejak Ratusan tahun Lalu dan Beberapa Kali Berubah Nama

Kirim Paket Lewat Pos Bisa COD

POS Indonesia cukup banyak digunakan para penjual barang online karena dapat mengirim paket COD tersebut tanpa harus terhubung dengan marketplace. Bagaimana caranya? Simak selengkapnya di artikel ini.

Sebelum mulai mengirim, penjual harus menginstall dua macam aplikasi yang dipublish oleh Pos Indonesia, yaitu PosAja! dan POSPAY. Kegunaan dua aplikasi tersebut akan dijelaskan seraya kita melihat langkah mengirim paket COD.

1. Install aplikasi POSPAY kemudian lakukan pendaftaran. Aplikasi ini berfungsi seperti rekening yang akan digunakan untuk menampung uang yang penjual terima dari transaksi COD.

BACA JUGA:PT Pos Indonesia Buka Lowongan Kerja, Penempatan Seluruh Kecamatan se Indonesia Tamatan SMA Bisa Daftar

2. Aplikasi POSPAY biasanya tidak bisa digunakan apabila penjual belum meng-upgrade akun mereka ke akun reguler. Upgrade akun bisa dilakukan dengan mendatangi kantor Pos terdekat dengan membawa fotokopi KTP penjual.

3. Penjual akan menerima nomor rekening yang akan dihubungkan dengan aplikasi PosAja!. Di tahap ini, penjual baiknya juga mengisi saldo rekening PosAja! guna memudahkan proses pengiriman nantinya.

Jika akun sudah berhasil terhubung, saldo POSPAY akan muncul di dashboard. Jika sudah begitu, maka penjual sudah siap untuk mengirim paket dengan metode pembayaran COD.

BACA JUGA:Rahasia PT Pos Indonesia Sulap Perusahaan Rugi Jadi Cetak Laba Tertinggi sepanjang Sejarah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: