Iklan dempo dalam berita

Lewat Pemberdayaan, BRI Bikin Klaster Rosella Terus Berkembang

Lewat Pemberdayaan, BRI Bikin Klaster Rosella Terus Berkembang

Lewat Pemberdayaan, BRI Bikin Klaster Rosella Terus Berkembang --

MALANG, BENGKULU.RBTVCAMKOHA.COM - PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) terus berupaya mengakselerasi pertumbuhan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) melalui berbagai program pemberdayaan.

Salah satunya yakni cerita pemberdayaan di Kampung Rosella di Desa Sumberdem, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang lewat program pemberdayaan Klasterkuhidupku.

BACA JUGA:Ini Alasan Kominfo Bakal Blokir X dan Telegram, Gimana Nasib Warga RI?

Rosella merupakan tanaman tropis yang berasal dari benua Afrika. Namun kini, tanaman dengan nama latin Hibiscus Sabdariffa sudah terkenal di berbagai belahan dunia, tidak terkecuali di Indonesia.

Daya pikat rosella adalah warnanya yang merah merona yang cantik tidak hanya membuat tanaman itu terlihat asri di pekarangan rumah, tetapi juga menambah nilai estetik dipandang mata.


Lewat Pemberdayaan, BRI Bikin Klaster Rosella Terus Berkembang --

Kampung Rosella sendiri merupakan salah satu dari lima kampung tematik di Desa Sumberdem yang memiliki daya tarik tersendiri.

Biasanya, pengunjung yang datang ke Kampung Rosella adalah anak-anak dari sekolah untuk pendidikan edukasi anak usia dini serta mahasiswa yang datang untuk penelitian tugas akhir.

BACA JUGA:10 Pelajar SMP di Seluma Tidak Lulus, Ternyata Ini Penyebabnya

Ketua Klaster Rosella, Tiarsih menceritakan bahwa Kampung Rosella didirikan pada 2019, lantaran penduduk di sekitar memiliki kesadaran tinggi kalau rosella yang ada di daerahnya memiliki banyak manfaat. Ditambah lagi, semangat warga setempat untuk berinovasi dalam membudidayakan tanaman ini.

"Tanaman rosella memang punya daya tarik karena warnanya, tapi juga menjadi komoditas daerah kami karena punya banyak manfaat, sehingga kami membudidayakannya. Kami tanam tanaman rosella ini di pekarangan rumah juga," ujarnya.

BACA JUGA:10 Pelajar SMP di Seluma Tidak Lulus, Ternyata Ini Penyebabnya

Lanjutnya, adapun manfaat tanaman yakni untuk menetralisir kadar gula darah, menurunkan tekanan darah tinggi, meningkatkan kekebalan tubuh, juga sebagai antioksidan.

Berangkat dari manfaat itu, Kampung Rosella pun melakukan inovasi dalam pengolahan bunga rosella menjadi berbagai produk olahan, dengan cita rasa yang unik dan menarik, seperti minuman botanikal dan dodol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: