Iklan dempo dalam berita

Begini Repotnya saat Pusat Data Nasional Down, Serasa Kembali ke Beberapa Tahun Silam

Begini Repotnya saat Pusat Data Nasional Down, Serasa Kembali ke Beberapa Tahun Silam

Dampak yang ditimbulkan akibat gangguan pada Pusat Data Nasional--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Begini repotnya saat Pusat Data Nasional (PDN) down, serasa kembali ke beberapa tahun silam.

Sudah lumrah jika saat ini hampir seluruh hal dilakukan secara komputer atau digital. Dengan sistem ini, pekerjaan menjadi lebih mudah dan akurat. Semuanya dikendalikan oleh komputer dan jaringan.

Namun apa jadinya jika jaringan yang menjadi nyawa dari sistem itu mengalami masalah. Demikian lah kehebohan yang terjadi sejak hari Kamis (20/6), ketika Pusat Data Nasional (PDN) mengalami gangguan atau down. 

BACA JUGA:Daftar Segera, Beasiswa LPDP 2024 Tahap 2 Dibuka, Cek Apa Syarat dan Dokumen Pendaftarannya

Banyak urusan yang dilakukan secara komputer dan jaringan menjadi sangat terganggu. Salah satunya layanan keimigrasian. 

Seperti diketahui, layanan keimigrasian terhubung ke Pusat Data Nasional. Dengan demikian, negara mengetahui secara pasti siapa saja yang masuk ke Indonesia, maupun orang yang akan meninggalkan Indonesia.

Dengan sistem digital, pengecekan itu bisa dilakukan dengan cepat dan akurat. Sayangnya, semuanya menjadi kalang kabut ketika jaringan yang menjadi nyawa dari layanan itu mengalami gangguan.

Antrean panjang terjadi di keimigrasian di bandara. Sementara pihak bandara tidak bisa berbuat banyak dengan gangguan ini. 

BACA JUGA:Calon Debitur Perlu Tahu, Ini yang Harus Ditanyakan Saat Akad Kredit Rumah di Bank

Hingga Jumat siang (21/6) gangguan layanan masih terjadi di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. Dengan adanya gangguan ini, bukan berarti pihak imigrasi tidak bekerja.

Layanan tetap diberikan, hanya saja caranya kembali menggunakan cara manual. Karenanya, calon penumpang yang ingin terbang, diminta datang lebih cepat. 

Kehebohan gangguan pada Pusat Data Nasional ini tidak hanya bagi orang yang akan berurusan dengan keimigrasian. Lebih dari itu, banyak pihak ikut menyoroti karena proyek PDN ini merupakan salah satu proyek yang digadang-gadangkan Kementerian Kominfo.  

Proyek PDN ini dibangun pemerintah sejak akhir tahun 2022 lalu. Lokasinya berada di kompleks industri Deltamas, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. 

BACA JUGA:Auto Untung! Ini Daftar Diskon Menarik Motor Listrik di Jakarta Fair 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: