Iklan dempo dalam berita

Cara Menanak Nasi agar Tidak Berbau, Tanpa Bahan Tambahan, Cukup Ikuti 7 Triknya

Cara Menanak Nasi agar Tidak Berbau, Tanpa Bahan Tambahan, Cukup Ikuti 7 Triknya

Cara menanak nasi agar tidak berbau--ist

Magic yang kotor bisa menjadi sumber pertumbuhan bakteri dan kuman. Pastikan magic selalu dalam kondisi bersih sebelum digunakan untuk memasak nasi. Jika magic tidak dibersihkan dengan baik, maka bakteri bisa tumbuh dan menyebabkan nasi cepat bau.

Untuk menghindari nasi cepat bau dalam magic, sebaiknya nasi segera dipindahkan ke wadah lain atau dimakan setelah dimasak. Pastikan juga magic selalu dalam kondisi bersih sebelum digunakan dan gunakan air yang bersih untuk memasak nasi. Jika nasi sudah terlanjur bau, sebaiknya buang dan bersihkan magic dengan baik sebelum digunakan lagi.

5. Bakteri

Bakteri adalah penyebab utama kenapa nasi cepat bau. Bakteri bisa berkembang biak dengan cepat dalam suhu yang hangat dan lembab, seperti dalam magic yang tertutup rapat. Jika nasi dibiarkan terlalu lama dalam magic setelah dimasak, maka bakteri bisa tumbuh dan menghasilkan bau yang tidak sedap.

BACA JUGA:Rincian Dana Desa Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan 2024 di 80 Desa, Mana Desa dengan Dana Terbesar?

6. Kelembapan

Kelembapan bisa membuat nasi menjadi basah dan lengket. Jika nasi terlalu basah, maka bakteri akan tumbuh lebih mudah dan cepat, yang akan menyebabkan nasi cepat bau. Selain itu, kelembaban juga bisa mempercepat proses pembusukan dan menghasilkan bau yang tidak sedap.

Ciri-ciri Nasi Basi atau Berbau

Bukan cuma memperhatikan faktor atau penyebab di atas saja, umumnya ada beberapa ciri juga yang menandakan nasi berbau dan sudah tidak layak untuk dikonsumsi, seperti:

1. Beraroma tak sedap

2. Warnanya berubah menjadi kekuningan

3. Bertekstur kering dan keras atau bahkan lembek berair

4. Mengalami proses pendinginan dan pemanasan yang berulang kali

Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk memasak nasi agar tidak cepat bau:

1. Pilih beras yang berkualitas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: