Iklan dempo dalam berita

Ramai Soal Cek Khodam di Live TikTok, Begini Tanggapan Buya Yahya dan UAH

Ramai Soal Cek Khodam di Live TikTok, Begini Tanggapan Buya Yahya dan UAH

Ramai Soal Cek Khodam di Live TikTok, Begini Tanggapan Buya Yahya dan UAH--foto:ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Ramai soal cek-khodam di Live TikTok, begini tanggapan Buya Yahya dan UAH

Media sosial TikTok tengah diramaikan dengan tren cek khodam. Kata cek khodam mulai ramai setelah salah satu pengguna TikTok kerap melakukan siaran langsung dengan dalih baca khodam melalui nama pengguna.

Saat tengah melakukan siaran langsung tersebut, pemilik akun pembaca khodam ini sama sekali tidak memperlihatkan wajahnya. 

BACA JUGA:Viral! Aplikasi Cupid Meter untuk Cek Khodam Online, Ini Link dan Cara Mainnya

Ia hanya menggunakan suara dan membacakan khodam setiap nama dengan cepat, misalnya menyebut khodam pengguna rawarontek, Nyi Blorong, hingga berbagai hal lain yang lama-lama jadi bahan lelucon pengguna media sosial.

Tren cek khodam ini hanya berlaku sebagai hiburan, penamaan khodam dibuat kocak dan menghibur, seperti Naga Kocak, Panda Cupu, Edgar Burger, Harimau Kutub, Raja Sumatera, dan lain sebagainya

BACA JUGA:Ramai di Tiktok, Cek Khodam Online Melalui Link Website, Siapa Pendampingmu?

Secara harfiah, kata khodam sebenarnya diambil dari bahasa Arab yang memiliki arti pembantu, penjaga, hingga pengawal. Dikutip dari berbagai sumber, kata khodam berasal dari khodama-yakhdumu-khodim.

Artinya adalah pembantu dengan makna luas, mulai dari membantu kegiatan sehari-hari, pekerjaan, dan hal lainnya. Khodam yang tengah jadi bahan perbincangan di media sosial ini memiliki arti penjaga, pembantu, atau hal-hal yang mendampingi.

Namun, dalam siaran langsung dan tren cek khodam di TikTok saat ini khodam justru dikaitkan dengan sosok-sosok irasional, seperti rawarontek atau hal-hal gaib lain yang dalam istilah Jawa dikenal dengan sebutan

BACA JUGA:Lagi Viral, Gak Perlu Indigo Ini Link Cek Khodam Online Gratis, Cukup dengan Nama dan Tanggal Lahir

Tanggapan Buya Yahya

Dalam pandangan Islam, khodam adalah orang yang memberdayakan jin untuk kepentingam pribadinya. Dan hal ini tidak dibenarkan dalam Islam.

“Khodam itu adanya orang yang memberdayakan jin untuk kepentingannya dan itu tidak ada baiknya, tidak ada baiknya orang semacam itu,” kata penceramah kenamaan Indonesia, Prof. Yahya Zainul Ma’arif atau Buya Yahya dalam saluran Youtube-nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: