Iklan dempo dalam berita

Lebih Hemat, Begini Cara Cas Mobil Listrik di Rumah, Mudah Dilakukan!

Lebih Hemat, Begini Cara Cas Mobil Listrik di Rumah, Mudah Dilakukan!

Cara Cas Mobil Listrik--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Lebih hemat, begini cara cas mobil listrik di rumah, mudah dilakukan!

Diklaim lebih irit dibanding dengan kendaraan bensin, tentu banyak yang penasaran berapa biaya charge mobil listrik. Biaya ini adalah pengaluaran utama dari mobil listrik yang dapat dibandingkan dengan pengeluaran bensin.

BACA JUGA:Simpan Dulu! Ini Daftar Rekomendasi Destinasi Wisata Liburan Lebaran 2025

Selain lebih irit dan ramah lingkungan, mobil listrik juga lebih nyaman karena komponen mesinnya yang halus dan lebih senyap. Dalam kondisi idle atau tidak melaju, rata-rata tingkat kebisingan mobil listrik antara 30 db sampai 40 db.

Biaya Charge Mobil Listrik

Mobil listrik sebenarnya adalah mobil yang cukup hemat karena beberapa tempat pengisian daya mobil listrik memberikan listrik gratis.

Biasanya, biaya untuk mengisi daya mobil listrik yaitu senilai Rp 1.650 per kWh sampai Rp 2.466 per kWh. Jika mengambil harga termurah dan lalu mengalikan harga itu dengan kapasitas baterai mobil Anda, yang misalnya 75 kWh, maka biaya pengisian mobil adalah sebesar Rp 123.750.

Anda perlu tahu, bahwa 1 kWh bisa digunakan untuk menempuh jarak sampai 5,1 km, sehingga Anda bisa menempuh jarak 112,5 km untuk sekali pengisian. Biaya ini adalah biaya pada stasiun pengisian kendaraan listrik umum.

BACA JUGA:7 Jalan Tol dengan Tarif Termahal di Indonesia, Capai Rp 300 Ribuan

Biaya untuk pengisian di rumah akan berbeda lagi. Biaya untuk mengisi mobil listrik di rumah ditentukan sesuai dengan harga per kWh listrik rumah Anda.

Hal lainnya yang menjadi penentu adalah besar arus maksimal charger, lama pengisian mobil, dan besar tegangan listrik.

Melihat berbagai kelebihan yang dimiliki oleh mobil listrik, pasti membuat banyak orang tertarik untuk memilikinya. Mobil listrik bukan hanya mobil yang hemat, tetapi juga mobil ramah lingkungan karena tidak adanya hasil gas emisi buangan dari penggunaannya.

BACA JUGA:Tameng Adat Melayu Kecam Pernyataan Ketua Jaringan Masyarakat Batak Riau

Nah, kabar gembiranya, kini pengguna mobil listrik di Indonesia bisa charge baterai mobilnya dari rumah saja atau home charging.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: