Iklan dempo dalam berita

Cek Rincian Dana Desa Kabupaten Sarmi yang Wilayahnya Berada di Bagian Utara Pulau Papua

Cek Rincian Dana Desa Kabupaten Sarmi yang Wilayahnya Berada di Bagian Utara Pulau Papua

Dana desa di Kabupaten Sarmi--ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Cek rincian dana desa Kabupaten Sarmi yang wilayahnya berada di bagian Utara Pulau Papua.

Kabupaten Sarmi adalah salah satu kabupaten yang berada di provinsi Papua, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Sarmi. 

BACA JUGA:Cek di Sini Rincian Dana Desa Kabupaten Manokwari 2024, Mana Desa dengan Alokasi Dana Terbesar?

Kabupaten Sarmi terletak di bagian Utara Pulau Papua, dengan jumlah penduduk pada pertengahan tahun 2023 sebanyak 42.321 jiwa, dan kepadatan penduduk sebanyak 3 jiwa/km.

Nama Sarmi adalah singkatan dari nama suku-suku besar yang terdapat di wilayah ini, yakni Sobei, Armati, Rumbuai, Manirem, dan Isirawa. Keberadaan mereka telah lama menjadi perhatian antropolog Belanda, Van Kouwenhoven, yang kemudian memberikan nama Sarmi.

Singkatan Sarmi sebenarnya belum mencerminkan suku-suku di sana mengingat di wilayah ini terdapat banyak kelompok lain. Dari bahasa yang ada, paling tidak bisa disimpulkan terdapat 87 suku, dan setiap suku mempunyai bahasa sendiri-sendiri.

BACA JUGA:Simulasi Kredit Hp Samsung S24 Ultra, Cicilan Mulai Rp 900 Ribuan, Ini Syaratnya

Dana Desa Kabupaten Sarmi

Pada tahun 2024, pemerintah pusat kembali menyalurkan anggaran dana desa untuk seluruh provinsi. Dana ini diperuntukan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. 

Berdasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2014 Tentang Dana Desa yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), dialokasikan secara berkeadilan berdasarkan:

- Alokasi dasar

- Alokasi yang dihitung memperhatikan jumlah penduduk, angka kemiskinan, luas wilayah, dan tingkat kesulitan geografis desa setiap kabupaten/kota.

Lalu, bagaimana dana desa kabupaten Sarmi 2024 untuk setiap desanya? Berikut ini rincian lengkapnya:

Desa Sarmo: Rp888.433.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: