Iklan dempo dalam berita

Daftar 3 Jalan Tol Terpanjang di Sumatera, Tembus 189 KM

Daftar 3 Jalan Tol Terpanjang di Sumatera, Tembus 189 KM

Tol Terpanjang di Sumatera--

BACA JUGA:Nabi Muhammad dan Malaikat Jibril Pernah Bicara tentang Kiamat, Ini Isi Obrolannya

Tol ini terbagi menjadi dua seksi utama, yakni Terbanggi Besar-Pematang Panggang sepanjang 112 kilometer dan Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 77 kilometer.

Untuk memfasilitasi keluar masuk, terdapat enam gerbang tol di Gunung Batin, Lambu Kibang, Menggala, Simpang Pematang, Way Kenangan, serta Kayu Agung, serta sembilan titik rest area di sepanjang jalurnya.

Salah satu rest area yang populer adalah KM 215, yang menawarkan berbagai produk UMKM khas dari Lampung, menjadikannya tidak hanya sebagai tempat istirahat tetapi juga pusat ekonomi lokal.

Fasilitas lain yang tersedia di Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung meliputi gardu tol otomatis, layanan ambulans dan mobil derek, serta patroli jalan raya untuk menjaga keamanan dan kelancaran lalu lintas.

Sistem informasi Variable Message Sign (VMS) juga dipasang untuk memberikan informasi terkini kepada pengguna jalan.

BACA JUGA:Virus West Nile Mewabah di Israel, Ini Gejala yang Harus Diwaspadai

2. Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (140,94 KM)

Berikutnya adalah Tol Bakauheni-Terbanggi Besar dengan panjang sekitar 140,94 kilometer, melewati wilayah Bakauheni di Kabupaten Lampung Tengah.

Diresmikan pada tahun 2019 dengan anggaran pembangunan mencapai Rp16,7 triliun, tol ini menghubungkan wilayah selatan Sumatera dengan bagian tengahnya.

Ruas tol ini dilengkapi dengan enam rest area yang strategis, serta sembilan Simpang Susun (SS) yang tersebar di berbagai titik. Fasilitas lainnya termasuk layanan PJR, VMS, ambulans, dan mobil derek.

Akses keluar masuk tol ini terletak di beberapa gerbang utama seperti Kabupaten Lampung Selatan, Pesawaran, dan Lampung Tengah, yang masing-masing memiliki fasilitas lengkap untuk mendukung aktivitas transportasi dan ekonomi lokal.

BACA JUGA:Mengenal Weton Tulang Wangi 1 Suro Berdasarkan Perhitungan Kalender Jawa

3. Tol Pekan Baru-Dumay (131 KM)

Di urutan ketiga terdapat Tol Pekanbaru-Dumai, membentang sepanjang 131 kilometer dari Kota Pekanbaru hingga Kota Dumai, melintasi Kabupaten Siak dan Bengkalis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: