Iklan dempo dalam berita

Tol Sumatera Penghubung Palembang-Betung Tuntas 2025, Ini Progresnya

Tol Sumatera Penghubung Palembang-Betung Tuntas 2025, Ini Progresnya

Tol Sumatera Penghubung Palembang-Betung Tuntas 2025, Ini Progresnya--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMtol-sumatera penghubung Palembang-Betung tuntas 2025, ini progresnya

Jalan tol adalah jalan berbayar yang diperuntukkan untuk kendaraan roda empat ke atas, seperti mobil, truk, mobil pickup, dan lain sebagainya. 

Di Indonesia, pembangunan jalan tol sudah mulai digalakkan di seluruh negeri secara bertahap. Mengutip dari laman Bisnis.com, tercatat hingga akhir tahun 2022, sudah ada sekitar 69 ruas jalan tol sepanjang 2.578 km yang dibangun.

BACA JUGA:Bocoran Tol Sumatera Penghubung Sumut-Aceh, HKI Percepat Konstruksi Segmen Tanjung Pura-Pangkalan Brandan

Pembangunan jalan tol yang dilakukan secara masif ini bertujuan untuk memudahkan mobilitas masyarakat, sehingga roda perekonomian bisa berjalan dengan lancar dan merata di semua wilayah di Indonesia.

Jalan tol (toll road) adalah jenis jalan raya yang mengharuskan penggunanya untuk membayar biaya tol atau tarif untuk mengaksesnya. 

Jalan tol biasanya memiliki infrastruktur yang lebih baik dan dirancang untuk memberikan perjalanan yang lebih lancar, cepat, dan aman bagi pengguna. Jalan tol sering digunakan untuk menghubungkan kota-kota besar, daerah industri, atau rute perjalanan penting.

BACA JUGA:Tol Bengkulu-Taba Penanjung Mayoritas Menggunakan Cor Beton, Apa Keuntungannya Dibanding Aspal?

Tol Sumatera Penghubung Palembang-Betung Tuntas 2025

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan progres pembangunan ruas Palembang - Betung, yang merupakan bagian dari Jalan Tol Kayu Agung - Palembang - Betung (Kapalbetung). Peninjauan diawali dari Jembatan Musi di Palembang.

Jalan Tol Kapalbetung sepanjang 112 km ini merupakan bagian dari backbone  Jalan Tol Trans Sumatera ( JTTS) sepanjang 2.107 km yang nantinya akan menghubungkan Provinsi Lampung hingga Aceh di Pulau Sumatera.

Ruas Kayuagung - Palembang/ Kramasan sepanjang 42 km sudah operasional sejak April 2020.

BACA JUGA:Tol Banyung Lencir-Tempino Tuntas, Jarak Palembang-Jambi Terpangkas 4 Jam

Sedangkan ruas Palembang/ Kramasan - Pangkalan Balai sepanjang 55 km kini tengah dalam tahap konstruksi dengan progres 75%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: