Iklan dempo dalam berita

Kerap Dilakukan, Ini 7 Penyebab Nasi Cepat Basi, Jangan Lupa Cek Rice Cooker Kamu!

Kerap Dilakukan, Ini 7 Penyebab Nasi Cepat Basi, Jangan Lupa Cek Rice Cooker Kamu!

Penyebab nasi cepat basi di rice cooker--ist

Kelembapan lingkungan yang tinggi juga dapat menyebabkan nasi cepat basi. Udara yang lembap memungkinkan bakteri berkembang biak dengan cepat, yang pada akhirnya akan mengubah nasi menjadi basi. Jadi, pastikan kamu menyimpan nasi di tempat yang kering dan terjaga kelembapannya untuk mencegah nasi cepat basi.

4. Kapasitas Listrik Terlalu Rendah

Kapasitas listrik harus dipertimbangkan saat menanak nasi dengan penanak nasi. Penyebab lain dari nasi basi di penanak nasi adalah kapasitas listrik yang tidak mencukupi. Setiap alat elektronik memiliki voltase yang berbeda, termasuk penanak nasi. Penanak nasi biasanya beroperasi dengan voltase 220 V.

Jika sering terjadi penurunan tegangan atau pemadaman listrik di rumahmu, penanak nasi mungkin tidak berfungsi secara optimal. Nasi yang dimasak tidak sepenuhnya matang sehingga cenderung cepat basi.

BACA JUGA:Daftar Klub Ikut Piala Presiden 2024, Diikuti 8 Tim Liga 1, Hadiahnya Rp 5 Miliar

5. Tidak menggunakan centong yang bersih

Saat mengambil nasi, pastikan kamu mengambil menggunakan centong nasi yang bersih. Selain itu, gunakan centong khusus untuk mengambil nasi dan tidak dicampur untuk mengambil makanan lain. Sebab, menggunakan centong bekas makanan lain akan membuat nasi bau dan cepat basi.

Bukan hanya nasi, hal ini juga berlaku untuk makanan lain. Centong atau sendok seharusnya hanya digunakan untuk mengambil satu jenis makanan dan tidak dicampur karena akan membuat makanan cepat basi.

6. Tidak Mengaduk Nasi saat Matang

Tidak mengaduk nasi setelah matang dapat menyebabkan nasi lebih cepat basi di dalam rice cooker. Alasannya adalah karena uap air terperangkap di antara butiran beras dan tidak dapat keluar. Uap air adalah penyebab nasi menjadi berair dan cepat basi.

Aduk nasi segera setelah matang, karena daya tahan nasi tidak hanya ditentukan oleh kualitas dan penggunaan rice cooker.

7. Rice Cooker Rusak

Penyebab lain dari nasi yang basi adalah penanak nasi yang rusak. Semua perangkat elektronik, termasuk penanak nasi, memiliki masa pakai. Jika penanak nasi yang digunakan telah melampaui masa penggunaan yang disarankan, disarankan untuk segera menggantinya.

Menggunakan penanak nasi yang rusak karena penggunaan dalam waktu lama akan menyebabkan nasi cepat basi. Hal ini terjadi karena konduktivitas listrik yang kurang optimal.

BACA JUGA:Tangan Gatal Pertanda Dapat Duit? Cek Dulu Sebelah Kiri atau Kanan, Ini Menurut Primbon Jawa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: