Iklan dempo dalam berita

Ini Daftar Top Skor Euro 2024, Sepatu Emas Piala Eropa Diraih Enam Pemain

Ini Daftar Top Skor Euro 2024, Sepatu Emas Piala Eropa Diraih Enam Pemain

Ini Daftar Top Skor Euro 2024, Sepatu Emas Piala Eropa Diraih Enam Pemain--Foto: ist

• Merih Demiral (Turki) - 2 gol

• Florian Wirtz (Jerman) - 2 gol

Sepatu Emas Piala Eropa Diraih Enam Pemain

Untuk kali pertama dalam sejarah, Sepatu Emas Piala Eropa diraih enam pemain. Selain Kane, ada gelandang Spanyol Dani Olmo, gelandang Jerman Jamal Musiala, penyerang Belanda Cody Gakpo, pemain sayap Slovakia Ivan Schranz dan penyerang Georgia Georges Mikautadze yang juga sama-sama mengemas tiga gol.

BACA JUGA:Ini Makna Selebrasi '304' Lamine Yamal Saat Rayakan Gol, Ternyata Punya Arti Khusus

UEFA mengizinkan beberapa pemain untuk berbagi penghargaan pencetak gol terbanyak Euro 2024 jika mereka mencetak jumlah gol yang sama. Ini setelah UEFA mengubah aturan terkait top skor.

Pada Piala Eropa terakhir, Cristiano Ronaldo dari Portugal dan striker Ceko Patrik Schick sama-sama mengoleksi lima gol. Namun Ronaldo dinobatkan sebagai pemenang karena ia memiliki satu assist, sedangkan Schick tidak.

Meujuk aturan yang lama, Olmo akan memenangkan tiebreak dengan dua asist atas namanya, terbanyak di antara para pemain yang mencetak tiga gol. Namun sekarang hal tersebut tak dihitung.

Terakhir kali tiga gol terbukti cukup untuk memenangkan Sepatu Emas adalah pada Euro 2012, ketika Fernando Torres dari Spanyol meraihnya. Pada saat itu, penentu kemenangan adalah pemain yang memiliki menit bermain paling sedikit. Jika hal tersebut diterapkan di Euro 2024, penghargaan tersebut akan jatuh ke tangan pemain Slovakia, Schranz.

Kane kini telah menjadi runner-up di final Kejuaraan Eropa secara beruntun setelah kekalahan Inggris dari Italia tiga tahun lalu, dan menjadi runner-up di satu final Liga Champions dan dua Piala Liga Inggris. Dia telah memenangkan serangkaian penghargaan individu, termasuk pencetak gol terbanyak Bundesliga musim lalu di Bayern Munchen, tetapi klub Jerman itu mengalami musim pertama tanpa trofi sejak 2012.

BACA JUGA:Foto Lamine Yamal Bersama Lionel Messi Saat Berusia 6 Bulan, Ini Faktanya

"Ini kesempatan yang terlewatkan. Tidak mudah untuk mencapai final ini," kata Kane kepada penyiar Inggris ITV tentang kekalahan Inggris dari Spanyol. "Dibutuhkan ketangguhan dan karakter yang luar biasa untuk mencapai posisi kami saat ini, tapi pada akhirnya Anda mengambil kesempatan ketika itu datang dan kami belum melakukannya lagi. Ini sangat menyakitkan, ini akan terasa sakit untuk waktu yang sangat lama."

Kane adalah salah satu dari empat pemain pria yang menjadi pencetak gol terbanyak di Kejuaraan Eropa dan juga Piala Dunia, gelar ia raih pada tahun 2018.

Sementara lontribusi utama Olmo dalam kemenangan Spanyol di final terjadi di pertahanan. Ia menepis sundulan Marc Guéhi dari garis gawang untuk menjaga timnya tetap memimpin pada menit-menit akhir.

"Saya mengatakan kepadanya bahwa dia adalah pencetak gol terbanyak saya karena penyelamatannya dihitung sebagai gol bagi saya," ujar kiper Unai Simon tentang penyelamatan Olmo. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: