Iklan dempo dalam berita

Bukan Solar, Ini Jenis Bahan Bakar yang Aman untuk Innova Diesel

Bukan Solar, Ini Jenis Bahan Bakar yang Aman untuk Innova Diesel

Jenis Bahan Bakar yang Aman untuk Innova Diesel --

5. Panaskan Mesin Mobil Sejenak

Cukup nyalakan mesin sekitar 1 menit, maka mobil sudah siap untuk dijalankan. Fungsi dari memanaskan mesin mobil ialah memberikan waktu pelumasan pada seluruh komponen mesin mobil.

Sekaligus mengecek panel indikator jika ada masalah yang ditandai oleh lampu indikator yang menyala. Kalau aman, kamu bisa menjalankan mobil.

6. Biarkan Mesin Idle Sebelum Dimatikan

Biarkan mesin tetap menyala atau idle selama 1 menit dan baru kamu matikan mesinnya.
Tujuannya untuk memberikan kesempatan pada komponen turbo pada mesin diesel untuk menurunkan suhunya dan menormalkan putaran turbo yang sangat tinggi.

Termasuk memberikan kesempatan kepada sistem pelumas dan pendingin turbo kembali normal setelah bekerja ekstra keras ketika turbo beroperasi. Kalau mesin langsung dimatikan, otomatis suplai oli dan sistem pendingin ikut berhenti yang dapat memperpendek usia komponen turbo.

BACA JUGA:Tanamkan Berkendara Aman, Astra Motor Bengkulu Gelar Kampanye Safety Riding Fomo

7. Ganti Oli Sesuai Jadwal Servis Berkala

Sama halnya dengan mesin bensin, oli juga bagian penting pada diesel sebagai pelumas. Ganti oli mesin secara rutin setiap 10.000 km atau 6 bulan sekali sekaligus mengganti filternya setelah 20.000 km atau 1 tahun.

Gesekan yang terjadi pada mesin meninggalkan sisa-sisa residu yang membuat mesin cepat aus bila tidak dilumasi.

Cara mengecek oli cukup dengan menarik dipstick dan perhatikan volume oli apakah berada di garis cukup atau kurang. Pastikan warna oli tidak berubah drastis karena menandakan kualitasnya sudah menurun dan harus diganti.

8. Servis Berkala di Bengkel Resmi Toyota

Servis berkala menjadi hal yang wajib dilakukan. Komponen penting mesin diesel akan diperiksa dan diganti ketika ada masalah atau sudah saatnya diganti untuk menjaga performanya.

Lakukan servis berkala secara rutin setiap 10.000 km atau 6 bulan, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu, di bengkel resmi Toyota.

Demikianlah ulasan mengenai, jangan solar, ini jenis bahan bakar yang aman untuk Innova Diesel agar tetap melaju kencang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: