Iklan dempo dalam berita

Landasan Dasar Bangun Generasi Unggul, Pentingnya Pendidikan Pancasila Bagi Pelajar

Landasan Dasar Bangun Generasi Unggul, Pentingnya Pendidikan Pancasila Bagi Pelajar

Pentingnya Pendidikan Pancasila--

Guna mengatasi tantangan-tantangan tersebut, beberapa solusi yang dapat dilakukan antara lain yakni:

- Pemerintah harus konsisten dalam menerapkan kebijakan pendidikan Pancasila sebagai pelajaran wajib 

- Memastikan bahwa kebijakan tersebut diterapkan secara berkelanjutan.

Pemerintah dan institusi pendidikan harus melakukan pelatihan dan pengembangan profesional bagi guru-guru Pancasila agar mereka memiliki kompetensi yang diperlukan untuk mengajarkan pendidikan Pancasila secara efektif, Perlu dikembangkan bahan ajar yang berkualitas dan relevan dengan konteks kehidupan siswa, sehingga mereka dapat memahami dan menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dengan baik.

Sosialisasi dan kampanye tentang pentingnya pendidikan Pancasila harus dilakukan secara masif kepada siswa, guru, dan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman mereka, Teknologi harus dimanfaatkan untuk mendukung pendidikan Pancasila

Mengembalikan pendidikan Pancasila ke dalam kurikulum sekolah sebagai pelajaran wajib adalah langkah yang sangat penting untuk membangun karakter hidup berbangsa dan bernegara di Indonesia.

BACA JUGA:Ini Jenis Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan untuk Pelaku UMKM, Bunga Rendah

Pendidikan Pancasila tidak boleh hanya menjadi transfer pengetahuan, melainkan harus mampu membentuk karakter manusia Indonesia yang berlandaskan pada nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan.

Pendidikan Pancasila memiliki peran vital dalam memperkuat identitas nasional, membentuk karakter, meningkatkan kesadaran sosial, dan menanamkan nilai-nilai moral pada generasi muda. Nilai-nilai Pancasila, seperti ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan, harus diinternalisasi dalam tindakan sehari-hari siswa melalui metode pembelajaran yang reflektif, kontekstual, kolaboratif, dan praktis.

Dengan menginternalisasi nilai-nilai Pancasila, generasi muda Indonesia akan menjadi lebih tangguh, bijaksana, dan siap menghadapi berbagai tantangan zaman, baik dalam konteks lokal maupun global.

Pendidikan Pancasila yang efektif akan melahirkan individu-individu yang cerdas secara akademis dan memiliki karakter yang kuat, sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia yang merdeka dan berdaulat.

 

Septi Widiyarti

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: