Iklan dempo dalam berita

Anak Punya Keluhan Demam Usai Imunisasi? Ini Tindakan yang Harus Bunda Lakukan!

Anak Punya Keluhan Demam Usai Imunisasi? Ini Tindakan yang Harus Bunda Lakukan!

Imunisai Anak--

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, demam merupakan efek samping dari imunisasi. Jadi, wajar jika terjadi peningkatan suhu tubuh setelah tubuh dimasuki zat asing. Dan juga sangat wajar ketika bayi demam setelah imunisasi.

Demam inilah yang menjadi salah satu penyebab bayi rewel setelah imunisasi. Saat demam, bayi merasa tidak nyaman dengan tubuhnya. Hal yang bisa Moms lakukan adalah memberikan rasa nyaman dengan melonggarkan pakaiannya.

Nah, kamu juga bisa ketahui cara alami untuk menurunkan demam buah hati pada fase ini seperti yang telah dituliskan diatas.

BACA JUGA:Ini Bahan Alami Detox Rahim dan Cara Membuatnya, Bermanfaat untuk Kesehatan

2. Rewel Karena Sakit Bekas Suntikan

Selain karena demam, penyebab bayi rewel setelah imunisasi yang lain adalah rasa sakit pasca disuntik. Bekas suntikan terkadang meninggalkan rasa nyeri dan pegal.

Selain itu, bisa jadi buah hati merasa trauma dengan jarum suntik meskipun rasa sakit akibat bekas suntikan sudah tidak ia rasakan lagi. Rasa trauma tersebut membuat ia berpikir bahwa bekas suntikan masih terasa sakit.

Memeluk, menggendong, serta menyusui buah hati akan membuatnya merasakan sedikit lebih nyaman. Moms tak perlu khawatir karena rasa trauma ini umumnya hanya berlangsung sebentar. Dalam waktu beberapa hari, efek trauma dan sakit akibat suntikan akan hilang dengan sendirinya.

3. Rewel Karena Panik

Penyebab lain dari bayi rewel setelah imunisasi adalah panik. Kepanikan bayi ini biasanya dipicu oleh kepanikan dan kekhawatiran orang tua.
Ya, sedikit tidak masuk akal, namun memang benar rasa panik itu bisa ditularkan dari ibu ke anak, terlebih ikatan batin antara Moms dengan buah hati sangatlah kuat. Jadi ketika melihat Moms merasa panik dan was-was, bayi pun akan ikut panik dan akhirnya rewel.

Oleh karena itu tetap tenang, dan jangan tampakkan rasa cemas di hadapan buah hati. Bagaimanapun kondisinya, yakinlah bahwa ia akan baik-baik saja setelah imunisasi.

Demikianlah ulasan mengenai, apabila anak mengalami keluhan di rumah setelah mendapatkan imunisasi, ini Tindakan yang harus dilakukan! Semoga informasi ini dapat membantu.

Putri Nurhidayati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: