Iklan dempo dalam berita

Duh! Ramai-ramai Bank di Indonesia Tutup ATM, Ternyata Ini Alasan Sebenarnya

Duh! Ramai-ramai Bank di Indonesia Tutup ATM, Ternyata Ini Alasan Sebenarnya

Ramai-ramai Bank di Indonesia Tutup ATM--

Untuk detailnya, ada beberapa hal yang menjadi biang kerok dari penyusutan jumlah ATM fisik di Indonesia ini, di antaranya:

1. Kantor Cabang Banyak yang Tutup

Jumlah kantor cabang bank telah menyusut sebanyak ribuan unit dalam kurun waktu lima tahun.
Berdasarkan data Statistik Perbankan Indonesia yang dirilis Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jumlah kantor bank di Indonesia pada Maret 2024 mencapai 24.243 unit.

Dalam setahun jumlahnya susut sebanyak 733 kantor. Sementara, dalam lima tahun terakhir, jumlah kantor bank susut 7.414 unit. Penyusutan ini tentu berdampak pada jumlah mesin ATM fisik di berbagai daerah.

BACA JUGA:Harga Meroket, Begini Cara agar Tanaman Kopi Berbuah Lebat dan Panen Melimpah

2. Biaya mahal dan asuransi besar

Ekonom Poltak Hotradero mengatakan jika ATM fisik memiliki biaya perawatan dan asuransi yang mahal.

"Ya penurunan ATM ini sudah jadi kecenderungan global [karena biaya pemeliharaan, asuransi hingga sewanya mahal]. Misal China itu ATM turun 150.000 hingga 200.000 per tahun. Ke depan pembayaran digital makin disukai,” ujarnya pada Bisnis belum lama ini.

3. Tren Digital

Sementara biang kerok ketiga adalah teknologi yang kian berkembang. Masih menurut Poltak Hotradero, pembayaran yang beralih ke digital, membuat penggunaan uang kartal akan berkurang dan kondisi ini didukung oleh bank sentral dunia. “Karena cash handling itu mahal,” imbuhnya.

Itulah mengenai alasan bank tutup ATM di RI serta penyebab atau biang keroknya. Sebagai informasi, tambahan berikut manfaat adanya ATM bagi masyarakat.

BACA JUGA:Cara Mudah Menghapus Jejak Digital, Simak Tips Pencegahannya

Manfaat ATM

ATM memiliki beberapa manfaat bagi nasabah bank maupun bagi bank itu sendiri. Beberapa manfaat ATM adalah:

1. Memudahkan nasabah untuk mengakses dan mengelola keuangan mereka kapan saja dan dimana saja tanpa harus datang ke kantor cabang bank.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: