Iklan dempo dalam berita

Daftar Rekomendasi Herbisida untuk Gulma Kelapa Sawit Paling Ampuh agar Tumbuh Optimal!

Daftar Rekomendasi Herbisida untuk Gulma Kelapa Sawit Paling Ampuh agar Tumbuh Optimal!

Daftar rekomendasi Herbisida--ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Daftar rekomendasi herbisida untuk gulma kelapa sawit paling ampuh agar tumbuh optimal!

Setiap petani tentu tidak ingin ada gulma di sekitar perkebunan kelapa sawit mereka. Keberadaan gulma sangat mengganggu tanaman kelapa sawit karena mereka akan berebut unsur hara, cahaya, iklim makro, pupuk, maupun nutrisi lainnya yang sama-sama dibutuhkan. 

BACA JUGA:Alami Kenaikan! Segini Harga Kopi Gayo 2024 yang Terkenal di Seluruh Dunia

Untuk itu, penggunaan herbisida yang tepat sangat penting untuk menjaga kelapa sawit tumbuh optimal. Berikut adalah beberapa rekomendasi herbisida yang paling ampuh untuk mengendalikan gulma pada kelapa sawit.

Mengapa Penting Mengendalikan Gulma?

Gulma pada sawit adalah tanaman yang merugikan karena dapat bersaing dengan tanaman kelapa sawit dalam penyerapan unsur hara, air, dan cahaya matahari. 

Selain itu, gulma juga dapat menghasilkan zat allelopathic yang beracun bagi kelapa sawit. Pertumbuhan gulma yang tidak terkendali dapat mengurangi produksi tandan buah sawit hingga 20%. Oleh karena itu, pengendalian gulma adalah langkah penting dalam budidaya kelapa sawit.

Jenis gulma yang tumbuh dominan pada perkebunan kelapa sawit berbeda antara satu tempat dengan tempat lainnya, tergantung pada perbedaan karakteristik lingkungan. 

Pada tanaman menghasilkan, gulma dapat tumbuh di bagian batang kelapa sawit, seperti pakis, anak kayu, dan gulma daun lebar lainnya. Gulma-gulma ini dapat mengganggu saat panen dan tempat tersisipnya brondolan buah sawit.

Gulma pada tanaman belum menghasilkan (TBM) akan tumbuh sangat cepat, karena intensitas cahaya yang sampai permukaan tanah masih tinggi akan memicu perkecambahan benih-benih gulma yang terdapat di sekitar pertanaman. 

Oleh karena itu, pengendalian gulma pada TBM harus diperhatikan mulai dari area piringan dan gawangan. Apalagi jarak antar tanaman kelapa sawit cukup lebar sehingga memungkinkan gulma tumbuh di mana saja dengan cepat dan sulit dikendalikan.

BACA JUGA:GBI CK 7 Buka Suara Atas Video Heboh Dugaan Penyalahgunaan Dana Jemaat Gereja yang Disetor ke Indosurya

Rekomendasi Herbisida untuk Kelapa Sawit

1. Gramoxone 276 SL

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: