Iklan dempo dalam berita

Terungkap, Ternyata Ini Penyebab Turki Sudah Dua Hari Blokir Instagram

Terungkap, Ternyata Ini Penyebab Turki Sudah Dua Hari Blokir Instagram

Penyebab Turki Sudah Dua Hari Blokir Instagram --

"Kecaman yang dijatuhkan pada Instagram bersifat sewenang-wenang dan tidak dapat dijelaskan atau dibenarkan," katanya di X.

Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh terbunuh di Iran, kata kelompok militan Palestina. Ini bukan pertama kalinya otoritas Turki memblokir sementara akses ke situs media sosial, terutama setelah terjadinya serangan.

BACA JUGA:Dua Pelaku Penyerangan Anggota Polisi Masih Diburu, Ini Peringatan Polisi

Wikipedia diblokir antara April 2017 dan Januari 2020 karena dua artikel yang menuduh adanya hubungan antara kepresidenan dan ekstremisme.

Meskipun pemerintah Erdogan secara teratur dituduh membungkam kebebasan berekspresi, tindakan untuk menghentikan Wikipedia menimbulkan keheranan karena banyaknya informasi daring yang menjadi tidak dapat diakses.

Pada April, pemilik Facebook Meta menangguhkan jaringan sosial Threads di Turki menyusul keputusan otoritas di sana yang mencegahnya berbagi informasi dengan Instagram.

Ragam Reaksi Warga Turki Terkait Pemblokiran Instagram

Postingan Fahrettin Altun pun menuai banyak pro dan kontra mengenai pemblokiran ini, seperti yang dituliskan oleh akun bernama @hakanrockmusic.

"Ini adalah Republik Turki dan Anda tidak dapat membatasi kebebasan masyarakat. Keadilan akan dibutuhkan oleh semua orang suatu hari nanti, ingatlah ini," tulis komentarnya di akun media sosial X.
Ia juga membalas postingan Altun dengan protes yang sama terhadap pemblokiran instagram di negara nya itu.

"Demi Tuhan, pernahkah Anda berpikir ada orang yang beriklan dan berjualan di Instagram dan mencari nafkah di sana? Anda merampas hak masyarakat, ini juga hak, ada masyarakat yang membayar pajak" tulisnya.

Akun lain dengan nama @sirhot00 menuliskan "Pak, bisakah Anda berhenti mengganggu kebebasan masyarakat dan membuka Instagram ini? Anda ceroboh."

BACA JUGA:Jalan Sehat HUT Agung Concern ke-70, Warga Panorama Bengkulu Raih 1 Unit Mobil New Calya

Namun, berbeda dengan tiga respon kontra diatas, terdapat pula adanya komentar yang pro dengan pemblokiran Instagram di negara Turki.

Seperti yang dituliskan oleh akun warga Turki yang menyatakan dukungannya terhadap pemblokiran Instagram di Turki.

"Kami mendukung Tuan Recep Tayyip Erdogan dalam setiap keputusan yang diambilnya" tulis komentar dengan akun bernama @demiberna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: