Iklan dempo dalam berita

11 Tips agar Anak Tidak Kecanduan Main Hp, Orang Tua Harus Tahu!

11 Tips agar Anak Tidak Kecanduan Main Hp, Orang Tua Harus Tahu!

Tips agar Anak Tidak Kecanduan Main Hp--

BACA JUGA:Pengalaman Abu Nawas Diancam Preman, Buru-buru Dia Lakukan Hal Ini

6. Memberikan Pendampingan

Tidak jarang kecanduan main hp pada anak-anak bisa terjadi saat mereka menggunakan alat elektronik tersebut tanpa didampingi oleh orang tuanya.

Hal ini seperti yang dijelaskan dalam buku '77 Permasalahan Anak dan Cara Mengatasinya oleh Ana Widyastuti, MPd, bahwa orang tua perlu mendampingi anak saat mereka menggunakan hp. Baik itu menyaksikan tayangan video, belajar, maupun bermain game.

7. Memberikan Contoh

Selain berfokus pada anak-anak, orang tua atau orang dewasa lainnya juga perlu untuk melakukan introspeksi terhadap diri mereka sendiri.

Mengacu pada buku 'Teknologi, Meningkatkan atau Memenjarakan Kreativitas Anak?' oleh Omas Salaudin dan Bernadetha Harbelubun, memberikan contoh secara langsung dengan tidak menggunakan hp secara berlebihan, dapat membantu anak-anak lebih mengingat tindakan-tindakan yang dilakukan oleh orang tua mereka.

Bahkan diharapkan dapat membentuk kebiasaan bersama agar tidak main HP secara terus menerus.

BACA JUGA:Pengalaman Abu Nawas Diancam Preman, Buru-buru Dia Lakukan Hal Ini

8. Luangkan Waktu untuk Anak

Apabila orang tua menginginkan si anak tidak kecanduan hp maka ada baiknya untuk meluangkan waktu bermain bersama anak.

Perlu diketahui salah satu alasan mereka memilih bermain hp karena merasa kesepian dan kurang perhatian dari orang tuanya. Oleh karena itulah, orang tua harus luangkan waktu untuk anak.

9. Membatasi Jumlah HP

Alih-alih memiliki hp dalam jumlah yang lebih, cobalah untuk membatasinya sesuai kebutuhan.
Mengacu dari laman Firstcry Parenting, saat orang dewasa membeli hp, penting untuk mempertimbangkan kegunaannya di rumah. Tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan kegunaannya.

Misalnya saja saat anak-anak tidak terlalu memerlukannya, maka pertimbangkan untuk tidak memberikan hp khusus untuk mereka. Bukan hanya itu, jumlah hp yang melebihi kebutuhan dapat memicu anak-anak memainkannya setiap saat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: