Iklan dempo dalam berita

Membengkak! Segini Anggaran Sewa Alphard untuk HUT RI di IKN

Membengkak! Segini Anggaran Sewa Alphard untuk HUT RI di IKN

Anggaran yang Digunakan Untuk Sewa Alphard--

“Setneg tidak menyewa mobil, termasuk Alphard sejumlah 1.000 unit, karena kami akan menyediakan angkutan bus untuk undangan yang akan menghadiri upacara HUT RI di IKN,” kata Setya Utama melalui pesan singkatnya.

Jumlah armada bus yang disiapkan sekitar 200 unit. Bus tersebut juga merupakan kendaraan prioritas yang akan diutamakan digunakan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) di IKN, bagi petugas upacara, tamu undangan, termasuk juga para menteri.

BACA JUGA:Segera Daftar! PT Dahana Buka Lowongan Kerja, Ini Dokumen yang Diperlukan

3. Tol Bawah Laut

Direktur Pembangunan Jalan, Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Wida Nurfaida menjelaskan, IKN akan memiliki terowongan bawah laut atau immersed tunnel pertama di Indonesia dengan biaya pembangunannya diperkirakan sebesar Rp11,04 triliun.

“Perkiraan biaya untuk penyelesaian immersed tunnel kurang lebih sekitar Rp11 triliun atau 682 juta dolar,” kata Wida.

Wida juga menjelaskan, pembangunan tol bawah laut termasuk ke dalam segmen 4A dan 4B jaringan jalan tol Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN dan rencananya akan dikerjakan melalui kerja sama pemerintah Indonesia dan Korea Selatan.

Adapun tol bawah laut bagian dari jalan tol akses IKN yang menghubungkan dengan Balikpapan. Pengguna jalan menyeberang masuk ke IKN.

Dengan panjang 47 kilometer, jalan tol ini memiliki acuan dari Bandara Sepinggan, Balikpapan ke IKN dengan jarak tempuh kurang lebih 30 menit.

BACA JUGA:Sayang Dilewatkan, PT PNM Buka Lowongan Kerja, Ini Syarat dan Posisi yang Dibuka

4. Kereta Otonom di IKN

Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Risal Wasal menyatakan, uji coba kereta otonom atau Autonomous Rail Transit (ART) di IKN DI rute pendek akan dilaksanakan pada Sabtu, 10 Agustus 2024. Itu sebelum nantinya dioperasikan saat upacara HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024.

“Jika berjalan lancar, kami menargetkan ART sudah dapat diuji coba secara dinamis (bergerak) di rute pendek (loop kecil) pada 10 Agustus 2024,” kata Risal.

Risal menjelaskan, jajaran DJKA tengah menguji ART secara internal di kawasan IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur selambat-lambatnya pada 9 Agustus 2024.

Adapun rute pendek yang dimaksud, yakni rute uji coba melingkar dari Gedung Kemenko 3 menuju Gedung Kemenko 2 dan kembali ke Gedung Kemenko 3 di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: