Iklan dempo dalam berita

Bingung Mau Mulai Usaha? Ini 9 Ide Usaha Menjanjikan Modal Rp 10 Jutaan, Dijamin Cuan

Bingung Mau Mulai Usaha? Ini 9 Ide Usaha Menjanjikan Modal Rp 10 Jutaan, Dijamin Cuan

Bingung Mau Mulai Usaha? Ini 9 Ide Usaha Menjanjikan Modal Rp 10 Jutaan, Dijamin Cuan--Foto: ist

BACA JUGA:5 Jenis Investasi Jangka Panjang yang Menguntungkan, Jaminan Cuan untuk Masa Depan

2. Bisnis Tanaman Hias

Bisnis tanaman hias saat ini semakin diminati, terutama di perkotaan. Modal awal 10 juta  dapat digunakan untuk membeli bibit tanaman, pot, dan perlengkapan perawatan. Sahabat Wirausaha dapat memilih menjual tanaman hias yang sudah besar maupun menjual bibit tanaman hias dari hasil budi daya. Namun, potensi bisnis cukup stabil karena banyaknya pencinta tanaman hias. Sahabat Wirausaha dapat menjual tanaman hias secara online atau di pasar lokal

Beberapa tanaman hias yang dapat menjadi pilihan sesuai tren tanaman hias saat ini dan harganya terjangkau, diantaranya yakni jenis Sukulen yakni seperti kaktus, echeveria, jade plant, stonecrop. Dengan harga berkisar Rp10.000-Rp50.000 (untuk jenis kaktus kecil) dengan proses pertumbuhan dan pembibitan 2-6 minggu

Jenis kedua yakni Monstera seperti Monstera deliciosa atau yang sering dijuluki tanaman ‘Janda Bolong’ seharga Rp100.000-Rp.500.000.  Proses pembibitan jenis ini memakan waktu 4-8 minggu (melalui stek) dan 1-3 bulan (dari benih).

BACA JUGA:Cara Tabung Emas di BRImo, Mudah dan Praktis, Dijamin Cuan Makin Bertambah

Selain jenis ini, ada juga tanaman Sirih Gading (Epioremnum aereum) dengan kisaran Rp50.000-Rp200.000 (pertumbuhannya 2-4 minggu dengan stek, 1-2 minggu dari benih), Lidah Mertua (Sanseviera) Rp50.000-Rp200.000 (pertumbuhan 4-12 minggu), Fiddle Leaf Fig (Ficus lyrata) seharga: Rp200.000 - Rp1.500.000 dengan pertumbuhan 4-8 minggu, Calathea seharga Rp100.000 - Rp500.000 (tergantung pada ukuran dan varietasnya) dengan pertumbuhan 4-8 minggu.

Kisaran harga tersebut bergantung pada lokasi, ukuran dan kondisi tanaman. Proses pertumbuhan dan pembibitan juga bergantung faktor lingkungan, suhu, cahaya dan perawatan yang tepat.

3. Jasa Fotografi

Jika Sahabat Wirausaha memiliki minat dan keterampilan dalam fotografi, Sahabat Wirausaha bisa memulai bisnis jasa fotografi. Modal dapat digunakan untuk membeli peralatan fotografi dasar dan untuk mempromosikan layanan Sahabat Wirausaha. 

Beberapa perlengkapan yang dibutuhkan oleh Sahabat Wirausaha untuk membuka jasa fotografi dan kisaran harganya yakni Kamera DSLR mulai dari Rp1,8 - Rp5 juta juta (tergantung tipe kamera), lampu flash kit entry seharga Rp500 ribu- Rp1 juta, kotak kamera dan silica gel seharga Rp50 ribu-Rp100 ribu, set tripod standar seharga Rp 500 ribu (tergantung tipe), baterai kamera ekstra seharga Rp1 juta-Rp2 juta. 

Apabila diakumulasi, perkiraan modal  untuk jasa fotografi bagi Sahabat Wirausaha sekitar Rp7 juta - Rp8 juta. Sahabat Wirausaha juga bisa meng-upgrade kualitas kamera sesuai dengan kebutuhan. Meskipun tantangan bisnis fotografi semakin meningkat karena banyaknya pesaing atau kompetitor, namun kesempatan atau peluangnya juga semakin luas. 

BACA JUGA:Hobi Ambil Foto Aesthetic? Yuk Hasilkan Cuan! Begini Cara Jual Foto di Internet Untung Besar

4. Bisnis Kerajinan Tangan Rajut (Crafting)

Jika Sahabat Wirausaha memiliki keterampilan dalam membuat kerajinan tangan rajut seperti tas rajut, syall dan aneka produk rajutan.  Sahabat Wirausaha bisa memulai bisnis ini dengan modal yang terjangkau. Sahabat Wirausaha dapat menjual produk Sahabat Wirausaha secara online atau di acara pasar seni lokal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: