Iklan dempo dalam berita

Simak, Ini 10 Jenis Ikan Mengandung Merkuri, Hindari untuk Cegah Penyakit

Simak, Ini 10 Jenis Ikan Mengandung Merkuri, Hindari untuk Cegah Penyakit

Jenis Ikan Mengandung Merkuri--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA. COM – Simak, ini 10 jenis ikan mengandung merkuri, hindari untuk cegah penyakit.

Ikan memang merupakan salah satu sumber protein hewani yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Namun penting juga mengetahui bahwa ada beberapa jenis ikan mengandung merkuri, sebuah logam berat yang dapat membahayakan kesehatan.

BACA JUGA:Google Pixel 9 Pro dan Google Pixel 9 Pro Xl Punya Fitur Kamera Warbiasa, Ini Review Spesifikasi dan Harganya

Perlu diketahui, merkuri adalah elemen alami yang terdapat di udara, air dan tanah. Menurut  Healthline, merkuri dapat dilepaskan ke lingkungan melalui berbagai aktivitas, seperti pembakaran batu bara dalam proses industri, serta melalui peristiwa alamiah seperti letusan gunung berapi.

Dengan itu, manusia bisa terpapar merkuri melalui beberapa jalur salah satunya dengan mengonsumsi ikan dan kerang. Kedua jenis makanan laut ini rentan menyerap merkuri akibat pencemaran air di habitat mereka.

Secara umum, hampir semua ikan mengandung merkuri, namun sebagian besar memiliki kadar yang sangat rendah dan tidak berbahaya bagi kebanyakan orang.

Meskipun demikian, ada beberapa jenis ikan yang diketahui memiliki kadar merkuri yang tinggi, sehingga dapat berpotensi membahayakan kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Kadar merkuri dalam ikan diukur dalam satuan bagian per juta (ppm).

BACA JUGA:Sebelum Konsumsi, Kenali Ciri-ciri Ikan yang Mengandung Merkuri, Penting untuk Kesehatan

Jenis Ikan Mengandung Merkuri

Berdasarkan data dari Food and Drug Administration (FDA), berikut adalah beberapa jenis ikan yang mengandung kadar merkuri tinggi:

1. Ikan Tuna Mata Besar atau Big Eye Tuna (0.689 ppm)

Ikan ini memiliki tubuh yang memanjang dan kekar, mirip torpedo, dengan ukuran yang bisa mencapai 236 sentimeter. Rasa dagingnya mirip dengan tuna lainnya, namun kandungan merkurinya yang tinggi membuat ikan ini disarankan untuk dihindari.

2. Ikan Baramundi atau Bass (0.167 ppm)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: