Iklan dempo dalam berita

Mantap! Kereta Otonom IKN Bisa Angkut 300 Penumpang, Siap Digunakan Pada HUT RI ke-79 di IKN

Mantap! Kereta Otonom IKN Bisa Angkut 300 Penumpang, Siap Digunakan Pada HUT RI ke-79 di IKN

Kereta Otonom IKN Bisa Angkut 300 Penumpang --

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Pesta perayaan HUT RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Agustus 2024, segera dimulai.

Perhelatan tersebut diharapkan terlaksana dengan aman, lancar, dan tentunya dapat memukau ribuan warga yang menyaksikan langsung di lokasi.

BACA JUGA:Rusuh!! KPU Seluma Diserbu Massa, 2 Pendemo Tidak Sadarkan Diri

Ada hal yang tak kalah menyita perhatian pada pesta perayaan HUT RI ke-79 yakni beroperasinya kereta otonom. Sebab, kereta tersebut dapat mengakut ratusan penumpang.

Lebih tepatnya lagi, dalam satu gerbong kereta otonom bisa mengangkut 100 penumpang.

Pelaksana tugas Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Basuki Hadimuljono melihat langsung uji coba Autonomous Rail Transit (ART) atau kereta otonom di IKN pada Minggu, 11 Agustus 2024.

Uji coba tersebut berlangsung di Jalan Sumbu Kebangsaan, Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, Kalimantan Timur.

BACA JUGA:Mudah dan Praktis, Begini Cara Buat QRIS Lewat Aplikasi BRImerchant

Basuki memastikan bahwa kereta otonom tersebut menjadi kendaraan antar-jemput tamu undangan dan masyarakat yang hadir dalam peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia (RI) di IKN.

Saat ini sudah ada dua rangkaian kereta otonom yang beroperasi di IKN. Masing-masing rangkaian kereta terdiri atas tiga gerbong.

”Satu gerbong dapat memuat seratus orang. Jadi, total kapasitas penumpangnya 300 orang,” kata Basuki.

BACA JUGA:Pekerjaan Apa Saja yang Bisa Jadi PNS? Ini 7 Daftar dan Keuntungan yang Diterima

Dengan daya angkut sebanyak itu, kereta otonom tersebut menjadi moda transportasi massal yang efektif di IKN.

Apalagi kereta otonom itu ditenagai listrik. Sehingga lebih efisien dan ramah lingkungan. Sesuai dengan konsep yang diusung oleh pemerintah dalam pembangunan IKN.

Lebih lanjut, Basuki menjelaskan, daya angkut kereta otonom di IKN bukan satu-satunya keunggulan, moda transportasi massal tersebut juga dibekali kemampuan bergerak dengan kecepatan mencapai 70 kilometer per jam. Selain itu, kereta otonom di IKN tidak seperti kereta pada umumnya.

Operasionalnya tidak butuh rel konvensional. Kereta tersebut bekerja mengikuti marka khusus yang sudah dipasang di jalanan IKN. Sistem pandu otomatis yang disematkan pada kendaraan massal itu memang canggih dan modern. Memungkinkan kereta otonom beroperasi tanpa pengemudi.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: