Iklan dempo dalam berita

Resmi Turun! Ini Harga Terbaru BBM di SPBU Seluruh Indonesia

Resmi Turun! Ini Harga Terbaru BBM di SPBU Seluruh Indonesia

Harga BBM non subsidi turun--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ini kabar baik buat seluruh warga yang bersiap menghadapi Lebaran 2023. PT Pertamina (Persero) resmi menyesuaikan harga bahan bakar minyak (disway.id/listtag/463/bbm">BBM) jenis non subsidi-nya di seluruh SPBU yang ada di Indonesia, dari Aceh sampai Papua. 

Sebagai contoh untuk harga BBM non Subsidi jenis Pertamax Turbo di DKI Jakarta. Mengutip situs resmi Pertamina, harga BBM Jenis Pertamax Turbo turun dari yang sebelumnya Rp 15.100 per liter menjadi Rp 15.000 per liter.

BACA JUGA:Ini Jadwal Operasional Bank Libur Lebaran 2023: Bank BRI, BCA, BNI, Mandiri, BSI dan BTN

Adapun untuk harga Dexlite menjadi Rp 14.250 per liter dari yang sebelumnya Rp 14.950 per liter. Pertamina Dex juga turun menjadi Rp 15.400 per liter dari yang sebelumnya Rp 15.850 per liter.

Penurunan harga BBM resmi berlaku sejak 1 April 2023 lalu.

BACA JUGA:Pemerintah Ingin Satu Hektare Kebun Sawit Menghasilkan 12 Ton Buah, Ini Caranya

Sementara itu, harga BBM jenis RON 92 atau Pertamax tidak mengalami perubahan atau tetap berlaku dengan harga Rp 13.300 per liter.

Sekretaris Perusahaan Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting menyebutkan bahwa penyesuaian berkala dan penetapan harga BBM Jenis BBM Umum (JBU) mengacu pada regulasi Pemerintah (Keputusan Menteri ESDM Nomor 245.K/MG.01/MEM.M/2022 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis BBM Umum Jenis BBM dan Minyak Solar).

“Penyesuaian harga mengacu mengacu pada rata-rata MOPS (Means of Platts Singapore) pada periode 25 Februari 2023 hingga 24 Maret 2023. Harga baru ini berlaku untuk propinsi dengan besaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) sebesar 5% seperti di wilayah DKI Jakarta," ungkap Irto kepada CNBC Indonesia.

BACA JUGA:Uang BPNT Tahap Kedua Belum Masuk Rekening? Coba Lakukan Ini

Atas penurunan harga itu, Irto menyatakan bahwa harga produk BBM Pertamina masih paling kompetitif dibandingkan perusahaan lain dan harga tersebut telah memenuhi ketentuan batas atas pada periode April 2023 yang ditetapkan untuk setiap jenis BBM.

“Harga BBM Pertamina mempertimbangkan berbagai aspek diantaranya minyak mentah, publikasi MOPS dan Kurs, agar tetap dapat menjamin keberlangsungan penyediaan dan penyaluran BBM hingga ke seluruh pelosok Tanah Air," tandas Irto.

 

BACA JUGA:Durasi Gerhana Matahari hanya 3 Jam 10 Menit, Daerah Ini yang Bisa Saksikan Secara Total

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: