Iklan dempo dalam berita

Gaji dan Tunjangan Masinis Kereta Api Lumayan Fantastis, Ini Syarat Menjadi Masinis

Gaji dan Tunjangan Masinis Kereta Api Lumayan Fantastis, Ini Syarat Menjadi Masinis

Gaji dan tunjangan Masinis Kereta api--

Setelah lolos seluruh seleksi pendaftaran apakah akan langsung menjadi masinis dan mengoperasikan kereta api? Tentu saja tidak. Nantinya, kamu akan terlebih dahulu melaksanakan diklat sebagai calon masinis kereta api.

Di tahap ini, kamu akan mendapatkan pembekalan terkait dengan basic development program yang dilaksanakan di markas kemiliteran.

Diklat dilaksanakan selama 2,5 bulan. Kegiatan yang dilakukan adalah pendidikan dan pelatihan bersama dengan calon awak perkeretaapian.

BACA JUGA:Intip Daftar Gaji dan Tunjangan Tamtama TNI AD 2024 Usai Naik 8 Persen

3. Praktik Pengoperasian Lokomotif

Selesai diklat, kamu akan melaksanakan praktik pengoperasian lokomotif. Tahapan menjadi masinis ini akan kamu lakukan selama 3 bulan lamanya.

Rinciannya adalah 1 bulan pendampingan dengan petugas perawatan sarana dan 2 bulan praktik pengoperasian lokomotif berpenggerak non-listrik didampingi pelatih masinis yang sudah expert.

BACA JUGA:Segini Besaran Gaji Kepala Sekolah, Paling Rendah Rp 4 Juta, Tertarik?

4. Menjadi Asisten Masinis

Akhirnya, kamu akan menjadi asisten masinis kereta api selama sebulan penuh. Kamu akan mendampingi seorang masinis hingga 1 tahun lamanya atau memiliki pengalaman 2000 jam kerja.

BACA JUGA: Gaji Pramugari dan Pramugara Kereta Api di Indonesia Tahun 2024, Profesi Banyak Peminat

5. Menjadi Masinis

Sudah memiliki 2000 jam kerja? Kamu belum bisa menjadi masinis kereta api. Nantinya, kamu harus mengikuti ujian sertifikasi untuk mendapatkan beberapa sertifikat secara bertahap. Selengkapnya tentang sertifikasi yang harus diselesaikan masinis adalah sebagai berikut:

- Uji sertifikasi Awak Sarana Perkeretaapian Tingkat Pertama

- Ujian sertifikat Awak Sarana Perkeretaapian Tingkat Muda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: