Iklan dempo dalam berita

Lowongan dan Formasi untuk Lulusan SMA CPNS Kemenhan 2024

Lowongan dan Formasi  untuk Lulusan SMA CPNS Kemenhan 2024

Formasi CPNS Kemenhan 2024 lulusan SMA--

Dari total 3.732 formasi untuk tenaga teknis, sebanyak 441 formasi dikhususkan untuk lulusan SMA sederajat, yang terdiri dari 437 formasi umum dan 4 formasi khusus untuk putra/putri Kalimantan. 

Sedangkan untuk tenaga kesehatan, dari 2.834 formasi yang tersedia, terdapat sejumlah formasi yang juga terbuka bagi lulusan SMA dengan latar belakang pendidikan tertentu.

BACA JUGA:Lowongan di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Formasi CPNS Lulusan SMA Tahun 2024

Syarat Pendaftaran CPNS Kemenhan 2024

Bagi calon pelamar yang tertarik untuk bergabung dengan Kemenhan, penting untuk memenuhi sejumlah syarat yang telah ditetapkan. 

Persyaratan ini sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Nomor 27 Tahun 2021 mengenai Pengadaan Pegawai Negeri Sipil.

BACA JUGA:Lowongan untuk Lulusan SMA, Ini Rincian Formasi CPNS Kemenhub 2024 Bagi Lulusan SMA/SMK

Berikut adalah rincian persyaratan yang harus dipenuhi:

  1. Kewarganegaraan: Pelamar harus merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Usia: Pelamar harus berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun pada saat melamar.
  3. Catatan Hukum: Pelamar tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara selama dua tahun atau lebih.
  4. Status Kepegawaian: Pelamar tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI), anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI), atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  5. Status Kepegawaian Saat Ini: Pelamar tidak sedang berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit TNI, atau anggota POLRI.
  6. Kualifikasi Pendidikan: Pelamar harus memiliki kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan persyaratan formasi atau jabatan yang dilamar.
  7. Kesehatan: Pelamar harus dinyatakan sehat secara jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan formasi atau jabatan yang dilamar.
  8. Kesediaan Penempatan: Pelamar harus bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) atau negara lain yang telah ditentukan oleh instansi terkait.
  9. Persyaratan Lain: Pelamar harus memenuhi persyaratan lain sesuai dengan kebutuhan formasi atau jabatan yang telah ditetapkan.

BACA JUGA:Lowongan untuk Lulusan SMA, Ada 600 Formasi di CPNS BIN 2024

Cara Mendaftar CPNS 2024

Untuk melamar posisi CPNS Kemenhan, calon pelamar dapat mengikuti langkah-langkah pendaftaran secara online melalui portal SSCASN.

Berikut adalah panduan lengkap untuk mendaftar:

  1. Akses Portal: Kunjungi situs resmi SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id/.
  2. Buat Akun: Pilih menu SSCASN yang terletak di pojok kanan atas situs, kemudian pilih opsi "Buat Akun."
  3. Isi Data Diri: Lengkapi data diri yang diminta oleh sistem pada halaman Pengecekan Identitas. Masukkan informasi sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor Kartu Keluarga (KK), nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, nomor ponsel, serta email aktif.
  4. Verifikasi CAPTCHA: Masukkan kode CAPTCHA yang tertera pada layar untuk memverifikasi bahwa Anda bukan robot.
  5. Lanjutkan: Klik opsi "Lanjutkan" untuk melanjutkan proses pendaftaran.
  6. Lengkapi Data: Pada halaman berikutnya, lengkapi data diri dengan memasukkan email, nama tanpa gelar sesuai ijazah, tempat lahir sesuai KTP, kabupaten atau kota lahir, serta tanggal lahir yang sesuai dengan ijazah.
  7. Pilih Jenis Kelamin: Pilih jenis kelamin yang sesuai dengan data pribadi Anda.
  8. Unggah Dokumen: Unggah foto scan KTP dan swafoto atau selfie sesuai dengan ketentuan yang diminta.
  9. Cek Data: Periksa kembali semua data yang telah dimasukkan pada halaman Pengecekan Ulang Data untuk memastikan semua informasi akurat.
  10. Selesaikan Pendaftaran: Akhiri proses pendaftaran dengan mengklik opsi yang sesuai dan simpan atau cetak Kartu Informasi Akun sebagai bukti bahwa Anda telah berhasil mendaftar.

BACA JUGA:Lowongan CPNS di Perpusnas, Rentang Penghasilannya hingga Rp 8,2 Juta, Intip Kualifikasi Pendidikannya

Rekrutmen CPNS Kemenhan 2024 memberikan peluang besar bagi berbagai kalangan untuk bergabung dan berkontribusi dalam pembangunan dan pertahanan negara. 

Bagi lulusan SMA yang ingin mengejar karier di Kemenhan, ini adalah kesempatan emas yang patut dimanfaatkan dengan baik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: