Iklan dempo dalam berita

Hasil Uji Sampel di Lampung, Sapi Warga Pagar Agung Positif Virus LSD

Hasil Uji Sampel di Lampung, Sapi Warga Pagar Agung Positif Virus LSD

Pemeriksaan sampel seekor sapi di Seluma dinyatakan positif LSD--

SELUMA, RBTVCAMKOHA.COM - Hasil uji sampel yang diambil petugas dokter hewan terhadap ternak sapi warga Desa Pagar Agung Kecamatan Seluma Barat, dinyatakan positif virus Lumpy Skin Disease (LSD). Sebelumnya pemeriksaan sampel dilakukan di laboratorium Balai Veteriner Lampung.

 

Pengambilan sampel sapi warga Desa Pagar Agung Kecamatan Seluma Barat tersebut, setelah direspon langsung Dinas Peternakan Provinsi dan Dinas Pertanian Seluma yang turun ke lokasi untuk melakukan pengecekan, dan menyerahkan bantuan obat-obatan bagi para peternak sapi.

 

BACA JUGA:Usai Lebaran, Berkas 104 Casis Polri di Polres Seluma Diverifikasi

Kepala Dinas Pertanian Seluma, Arian Sosial menjelaskan banyaknya benjolan kecil-kecil pada tubuh sapi menunjukkan ciri-ciri sapi tersebut terkena virus LSD.

 

Untuk diketahui penyakit LSD merupakan penyakit menyerang hewan sapi, kerbau dan beberapa jenis hewan ruminansia liar. Meskipun tidak bersifat zoonosis atau tidak menular kepada manusia, namun virus LSD menimbulkan kerugian yang besar bagi peternak.

 

BACA JUGA:Ini Jadwal Operasional JNT, JNE, TIKI, Shopee Xpress dan Pos Indonesia Saat Libur Lebaran 2023

“Kerugian yang disebabkan virus LSD bagi peternak sapi ini, mulai dari turunnya berat badan, karena hewan tidak bernafsu makan, kehilangan produksi susu, mandul pada sapi jantan dan betina/ keguguran dan kerusakan pada kulit,” terang Arian Sosial.

 

Salah satu upaya pencegahan yang dapat dilakukan antara lain pemberian vaksin bagi sapi yang belum terinfeksi. Sementara untuk sapi yang sudah terinfeksi LSD harus dilakukan pengobatan secara intensif.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: