Iklan RBTV Dalam Berita

Daftar 6 Gempa Bumi Terdahsyat yang Pernah Guncang Indonesia, Setara dengan Megathrust?

Daftar 6 Gempa Bumi Terdahsyat yang Pernah Guncang Indonesia, Setara dengan Megathrust?

Gempa Bumi --

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Daftar 6 gempa bumi terdahsyat yang pernah guncang Indonesia, setara dengan megathrust? 

Pembahasan tentang gempa bumi megathrust kembali muncul, beberapa waktu belakangan ini.

BACA JUGA:Momen Haru Istri Philip Mark Mehrtens Usai Disandera KKB Papua, Langsung Berangkat ke Jakarta Jemput Suami

Mengutip dari laman Kompas.com Kamis (15/8/2024), Gempa megathrust adalah gempa bumi berukuran sangat besar yang terjadi di zona subduksi, di mana salah satu lempeng tektonik Bumi terdorong ke bawah lempeng tektonik lainnya.

Kedua lempeng saling bersentuhan dan bergerak maju satu sama lain, menyebabkan penumpukan regangan melebihi gesekan antara dua lempeng sehingga menyebabkan gempa megathrust yang besar.

Sementara untuk diketahui, Indonesia terletak di wilayah cincin api Asia Pasifik. Wilayah ini sering mengalami bencana alam seperti erupsi dan gempa bumi. Sekitar 90% dari gempa bumi terbesar di dunia terjadi di sepanjang wilayah cincin api.

BACA JUGA:Kita Sudah Ditipu!!! Mitos Hujan Panas Ada Kuntilanak Melahirkan, Padahal Ini Sebabnya

Gempa merupakan bencana alam yang lazim terjadi di negara Indonesia karena Indonesia berdiri di atas pertemuan tiga lempeng tektonik, yaitu lempeng Pasifik, Indo-Australia, dan Eurasia. Kondisi ini yang membuat Indonesia menjadi rawan dilanda bencana alam. 

Selain itu, Indonesia juga memiliki wilayah zona subduksi atau pertemuan antara dua lempeng tektonik yang saling tumpang tindih. 

Zona subduksi ini terletak di selat sunda dan sering menjadi penyebab gempa besar di Indonesia. Indonesia tercatat memiliki gempa terbesar sepanjang sejarah yang membuat trauma bagi masyarakat pada saat itu.

BACA JUGA:Momen Haru Istri Philip Mark Mehrtens Usai Disandera KKB Papua, Langsung Berangkat ke Jakarta Jemput Suami

Untuk diketahui, melansir dari berbagai sumber, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut Indonesia cepat atau lambat akan menghadapi gempa megathrust yang kekuatannya bisa mencapai 8,9 magnitudo.

Berikut beberapa gempa bumi terbesar di Indonesia yang menelan hingga ratusan ribu korban jiwa: 

1. Aceh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: