Iklan RBTV Dalam Berita

10 Perusahaan Rokok Terbesar di Dunia 2024, Nomor Dua Berdomisili di Indonesia

10 Perusahaan Rokok Terbesar di Dunia 2024, Nomor Dua Berdomisili di Indonesia

Perusahaan rokok terbesar dunia--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - 10 perusahaan rokok terbesar di dunia 2024, nomor dua berdomisili di Indonesia.

Merokok di dikalangan umum di Indonesia adalah hal lumrah. Sebab, Indonesia adalah pasar tembakau terbesar kelima di dunia. Bahkan terdapat sekitar 57 juta lebih perokok aktif di Indonesia.

BACA JUGA:Perusahaan Konglomerat di RI, Segini Gaji Karyawan PT Djarum Terbaru 2024 untuk Semua Posisi

Namun ternyata tak hanya di Indonesia, perusahaan rokok tersebar juga di banyak negara lain.

Ini bila mengacu kapitalisasi pasar terbesar secara global berdasarkan data per Februari 2023.

Kapitalisasi pasar, adalah total nilai pasar dari saham beredar perusahaan yang diperdagangkan secara publik dan biasanya digunakan untuk mengukur seberapa besar nilai sebuah perusahaan.

BACA JUGA:Pantas Banyak yang Tertarik, Ini Daftar Gaji Karyawan PT Bentoel Internasional Investama Terbaru 2024

Berikut adalah 10 perusahaan rokok raksasa di dunia dikutip dari Liputan6.com:

1. Philip Morris

Philip Morris International adalah sebuah perusahaan publik asal Swiss yang bergerak di industri rokok dan tembakau. Grup tersebut menjual rokok di lebih dari 180 negara dan menguasai 15,5 persen pangsa pasar tembakau global.

Kapitalisasi pasar Philip Morris (PM) mencapai USD 160,77 miliar pada Februari 2023. Ini menjadikan Philip Morris perusahaan paling bernilai ke-70 di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar.

BACA JUGA:Pantas jadi Primadona, Rupanya Segini Gaji dan Tunjangan Kerja di PT HM Sampoerna Tbk Sesuai dengan Posisi

2. Sampoerna

PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk (terkenal dengan nama singkatan PT HM Sampoerna Tbk) adalah sebuah perusahaan rokok berdomisili dan membasiskan di Surabaya. 

Merupakan salah satu pemimpin pasar dan yang terbesar dalam industri rokok nasional, kantor pusatnya berada di Surabaya, Jawa Timur. 

Perusahaan ini sebelumnya dimiliki oleh keluarga Sampoerna, namun sejak Mei 2005 kepemilikan mayoritasnya berpindah tangan ke Philip Morris International, perusahaan rokok terbesar di dunia dari Amerika Serikat, mengakhiri tradisi keluarga yang melebihi 90 tahun.

Diketahui, kapitalisasi pasar HMSP hingga Juni 2024 mencapai Rp 80,84 triliun dengan harga saham pada penutupan Kamis 27 Juni 2024 mencapai Rp 700 per saham. Pada akhir tahun lalu, HMSP mencatatkan laba bersih sebesar Rp 8,10 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: