Iklan RBTV Dalam Berita

Waspada! Ini Daftar Sesar Aktif di Indonesia dari Sumatera Hingga Papua

Waspada! Ini Daftar Sesar Aktif di Indonesia dari Sumatera Hingga Papua

8 sesar aktif di Indonesia yang harus di waspadai--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Waspada! Ini daftar sesar aktif di Indonesia dari Sumatera hingga Papua.

Baru-baru ini Kabupaten Bandung, jawa Barat, diguncang gempa magnitude hingga 5,0.

Diketahui, dampak dari gempa tersebut mengakibatkan kerusakan bangunan di beberapa lokasi dan salah satunya adalah bangunan perpustakaan di salah satu sekolah dasar (SD).

Dari gempa ini, dikabarkan jika ada beberapa siswa yang terluka dan dirawat di Puskesmas.

BACA JUGA:Fakta dan Dampak Gempa Sesar Garsela yang Goncang Kabupaten Bandung hingga 5,0

Berdasarkan laporan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gepa ini merupakan gempa dangkal yang dipicu dari aktivitas patahan aktif yakni sesar Garsela atau sesar Garut Selatan.

Untuk informasi, sesar aktif adalah patahan pada lempeng bumi yang dapat menimbulkan gempa bumi di masa depan. Sesar aktif terjadi ketika dua blok batuan bergerak aktif terhadap satu sama lain, sehingga menimbulkan getaran yang menyebabkan gempa.

BACA JUGA:Ini Jenis Patahan Aktif di Sumatera, Sebabkan Gempa Bumi

Lantas, apa saja sesar aktif di Indonesia?

Menurut berbagai sumber, Indonesia memiliki setidaknya 8 sesar aktif yang tersebar dari Pulau Sumatera hingga Pulau Papua.

Keberadaan sesar-sesar ini menjadi faktor utama yang membuat setiap wilayah di Indonesia rentan terhadap gempa bumi. Meskipun, sebenarnya keberadaan sesar ini tidak sepenuhnya menjadi faktor penentu akan terjadinya gempa. 

BACA JUGA:Daftar 6 Gempa Bumi Terdahsyat yang Pernah Guncang Indonesia, Setara dengan Megathrust?

Mengingat di Indonesia negara yang menjadi potensi mengalami gempa vulkanik, akibat aktivitas gunung api, serta gempa bumi yang disebabkan oleh pergerakan lempeng dari daerah lain di luar Indonesia.

Hal ini lantaran, Indonesia terletak di Cincin Api Pasifik, area di sekitar Samudra Pasifik yang dikenal dengan aktivitas seismik tinggi dalam bencana gempa bumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: