Iklan RBTV Dalam Berita

Waspada! Ini Daftar Sesar Aktif di Indonesia dari Sumatera Hingga Papua

Waspada! Ini Daftar Sesar Aktif di Indonesia dari Sumatera Hingga Papua

8 sesar aktif di Indonesia yang harus di waspadai--

Hal ini menyebabkan bukti-bukti keberadaan sesar aktif di permukaan menjadi sulit untuk ditemui.

BACA JUGA:Gempa M 5,0 Guncang Bandung dan Garut, Benarkah Berpotensi Tsunami dan Ancaman Megathrust ?

Gayatri juga menjelaskan jika kejadian gempa dengan magnitudo besar maupun kecil bisa menjadi petunjuk keberadaan sesar aktif dan bisa dijadikan fokus penelitian dan pemetaan yang lebih terperinci. Penelitian mengenai identifikasi sesar aktif harus terus dilakukan dan didukung oleh semua pihak.

“Untuk sesar yang sudah teridentifikasi, potensi dampak yang timbul harus dipetakan dengan baik sehingga area terdampak bisa mempersiapkan diri. Masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi sesar aktif juga harus meningkatkan kewaspadaan,” tuturnya, Selasa (24/9).

BACA JUGA:8 Wilayah di Jawa Timur yang Terancam Risiko Tsunami jika Terjadi Gempa Megathrust

Tak hanya itu, Gayatri juga menjelaskan jika beberapa kejadian gempa yang terjadi sepanjang bulan September di Indonesia berasal dari sistem sesar dan mekanisme yang berbeda, atau dengan kata lain gempa-gempa tersebut tidak saling terkait. 

Perlu disadari bahwa Indonesia berada pada wilayah tektonik yang aktif dan berada pada pertemuan banyak lempeng bumi sehingga kejadian gempa di hampir seluruh wilayah Indonesia umum dijumpai. 

“Sumber gempa ada yg berada di zona subduksi di laut, dan ada yang berasal dari sesar aktif di darat. Kejadian gempa di kedua zona ini tidak saling mempengaruhi,” jelas Gayatri.

BACA JUGA:Bukan Hanya Indonesia, Ada 3 Negara yang Berpotensi Terdampak Gempa Megathrust

Meskipun dihimpit oleh banyak sesar aktif daratan dan zona megathrust, Gayatri menghimbau masyarakat untuk tidak panik dan menekankan pada pentingnya edukasi dalam beradaptasi dan memitigasi dampak dari bencana gempa. 

Langkah awal yang bisa dilakukan adalah selalu waspada di manapun berada dengan mengetahui ancaman gempa yang mungkin terjadi.

Kemudian, Gayatri meminta agar masyarakat melakukan perencanaan di berbagai level hingga ke lingkungan keluarga.

“Melakukan persiapan pribadi tentunya, jadi kita sudah paham, kalau terjadi gempa apa yang harus kita lakukan. Minimal kita sudah siap tas siaga bencana,” ujarnya.

BACA JUGA:Siaga! 13 Wilayah Ini Berpotensi Diguncang Gempa Megathrust, Wilayahmu Termasuk?

Itulah daftar beberapa sesar aktif yang ada di Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: