Iklan RBTV Dalam Berita

Catat! Ini 5 Efek Samping Terhanyut dalam Scroll Media Sosial, Apakah Kamu Salah Satu Korbannya?

Catat! Ini 5 Efek Samping Terhanyut dalam Scroll Media Sosial, Apakah Kamu Salah Satu Korbannya?

Dampak buruk terhanyut scroll media sosial--

Alhasil, mereka pun jadi malas untuk mulai melakukan sesuatu yang positif, seperti beres-beres kamar, melakukan pekerjaan rumah, olahraga, dan kegiatan lainnya.

3. Menurunkan produktivitas dalam bekerja

Efek buruk selanjutnya jika lama-lama scrolling media sosial tanpa tujuan adalah bisa menurunkan produktivitas dalam bekerja. 

Bukannya menyelesaikan pekerjaan, tapi malah sibuk scrolling media sosial. Tentu hal ini bisa membuat produktivitas seseorang jadi menurun.

BACA JUGA:Saksi Ahli Kasus Vina Cirebon Dihadirkan di Sidang Praperadilan Kasus Asusila di PN Arga Makmur Bengkulu Utara

Tak jarang berimbas pada rasa bermalas-malasan dalam bekerja, tak bisa menyelesaikan pekerjaan secara tepat waktu, dan fokus yang juga bisa jadi terganggu.

4. Jadi gampang termakan oleh berita palsu atau hoaks

Hal terakhir yang sangat terasa adalah kamu jadi gampang termakan oleh berita palsu atau hoaks. Media sosial memang memudahkan kita dalam mencari sumber informasi. Semua sudah tersedia jawabannya di sana.

BACA JUGA:Ngeri, Ini 7 Dampak Kencaduan Game Online yang Harus Diwaspadai, Simak Tips Mengatasinya

Namun dengan kemudahan tersebut, risiko yang memungkinkan kita termakan berita palsu itu pasti ada. Akibatnya pun fatal bahkan bisa menimbulkan perselisihan dan perpecahan. 

Maka untuk mengatasi hal tersebut selalu lakukan verifikasi kebenaran akan berita atau informasi yang didapat, ya. 

5. Meningkatkan kecemburuan sosial

Scrolling media sosial terus-menerus juga dapat menciptakan perbandingan-perbandingan yang tidak sehat. Misalnya adalah kamu akan membandingkan barang-barang yang kamu miliki dan tidak dimiliki dengan kepunyaan orang lain.

BACA JUGA:Dear Ayah dan Bunda, Ini 11 Cara Mendidik Anak Generasi Alpha di Era Serba Digital

Padahal, apa yang orang lain unggah di media sosial belum tentu sama indahnya dengan kenyataan. Jika kamu terpengaruh dengan dampak negatif scroll media sosial yang satu ini, hal ini dapat menganggu kesehatan mental dan meningkatkan kecemburuan sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: