Iklan RBTV Dalam Berita

3 Dampak Kecanduan Media Sosial, Nomor 2 Banyak yang Tidak Menyadari

3 Dampak Kecanduan Media Sosial, Nomor 2 Banyak yang Tidak Menyadari

3 Dampak kecanduan media sosial--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - 3 dampak kecanduan media sosial, nomor dua tak banyak yang menyadari.

Bermain sosial media adalah sebuah aktivitas yang sangat menyenangkan, selain untuk mencari dan menemukan hal-hal baru, media sosial juga bisa digunakan sebagai alat untuk menghibur diri.

Namun, siapa sangka jika bermain sosial media terlampaui juga memiliki dampak yang negatif.

BACA JUGA:Ngeri, Ini 7 Dampak Kencaduan Game Online yang Harus Diwaspadai, Simak Tips Mengatasinya

Untuk informasi, media sosial atau sering juga disebut sebagai sosial media adalah pelantar digital yang memfasilitasi penggunanya untuk saling berinteraksi atau membagikan konten berupa tulisan, foto, video, dan merupakan pelantar digital yang menyediakan fasilitas untuk melakukan aktivitas sosial bagi setiap penggunanya. 

Media sosial juga merupakan sebuah sarana untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara daring yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu.

BACA JUGA:Fakta dan Dampak Gempa Sesar Garsela yang Goncang Kabupaten Bandung hingga 5,0

Lantas, apa dampak dari kecanduan media sosial?

Berikut ini beberapa dampak yang akan terasa jika kamu kecanduan bermain sosial media:

1. Mempengaruhi kesehatan mental

Salah satu dampak yang cukup mengkhawatirkan dari penggunaan media sosial yang berlebihan bahkan dikatakan kecanduan adalah meningkatkan risiko gangguan mental, seperti depresi. 

Sebuah penelitian dari BMC Public Health mengungkapkan anak-anak yang berusia sekitar 10 tahun dan aktif di internet dapat berdampak negatif hingga mereka dewasa nanti. 

Hal tersebut dikarenakan sedari kecil mereka sudah terpapar dengan standar kesuksesan atau kecantikan yang begitu tinggi dan mungkin “semu” di media sosial. 

Akibatnya, ketika anak-anak tersebut tumbuh dewasa, mereka akan merasakan tidak pernah puas dengan hasil yang didapat. Hal tersebut dapat berujung pada depresi. 

BACA JUGA:Selain Insomnia, Ini Dampak Negatif dari Kurang Tidur untuk Kesehatan

2. Mengurangi keintiman dalam hubungan apapun

Dampak kecanduan media sosial berikutnya adalah kurangnya hubungan keintiman dalam sebuah lingkungan, baik itu pasangan atau kelauraga bahkan teman-teman sekitar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: