Iklan RBTV Dalam Berita

Harga TBS Sawit Sumatera Selatan Merangkak Naik, Segini Harganya Per Hari Ini 29 September 2024

Harga TBS Sawit Sumatera Selatan Merangkak Naik, Segini Harganya Per Hari Ini 29 September 2024

Harga TBS Sawit--

BACA JUGA:Terekam Kamera Dashboard Mobil, Pemotor Tewas Usai Jadi Korban Tabrak Lari!

- Minyak Goreng dan Industri

Minyak sawit digunakan dalam berbagai produk makanan dan sebagai bahan baku industri pembuatan margarin, lilin, sabun, dan berbagai produk kecantikan.

- Biodiesel dan Bahan Bakar Nabati

Minyak sawit mentah (CPO) dapat digunakan untuk menghasilkan biodiesel, yang menjadi sumber energi alternatif ramah lingkungan. Selain itu, kelapa sawit juga digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan krim non-susu dan es krim.

BACA JUGA:Bermodalkan Racun Tikus, 2 Wanita Cantik Ini Gasak Harta Benda Teman Kencannya

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga Sawit

Harga sawit di Indonesia, termasuk di Sumatera Selatan, dipengaruhi oleh berbagai faktor. Beberapa faktor yang memengaruhi fluktuasi harga sawit antara lain:

1. Harga Minyak Nabati Pesaing

Kenaikan harga minyak nabati lain, seperti minyak kedelai atau minyak bunga matahari, dapat memengaruhi harga minyak sawit di pasar global. Jika harga minyak pesaing naik, harga minyak sawit cenderung ikut terdorong naik.

2. Nilai Tukar Mata Uang

Pelemahan nilai tukar mata uang, khususnya Rupiah terhadap Dolar AS, dapat menyebabkan harga minyak sawit mentah (CPO) mengalami peningkatan. Hal ini karena harga komoditas ekspor seperti minyak sawit biasanya ditetapkan dalam Dolar AS.

BACA JUGA:Update Harga TBS Sawit di Jambi Hari Ini 29 September 2024, Ini Rincian Harganya

3. Harga Minyak Mentah Dunia

Harga minyak mentah dunia juga berpengaruh besar terhadap harga CPO. Penurunan harga minyak mentah global bisa menekan harga minyak sawit, karena kedua komoditas ini sering kali bersaing di pasar energi sebagai sumber bahan bakar nabati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: