Iklan RBTV Dalam Berita

Banyak yang Belum Tahu! Ini 7 Penyebab Pinjaman KUR Ditolak, Buruan Cek

Banyak yang Belum Tahu! Ini 7 Penyebab Pinjaman KUR Ditolak, Buruan Cek

Penyebab KUR Ditolak--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Banyak yang belum tahu! Ini 7 penyebab kenapa pinjaman KUR ditolak lembaga keuangan!

Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan program prioritas pemerintah dalam mendukung UMKM berupa kebijakan pemberian kredit/pembiayaan modal kerja dan/atau investasi kepada debitur individu/perseorangan, badan usaha, dan/atau kelompok usaha yang produktif dan layak.

BACA JUGA:Waspadai! Ini 9 Tanda Demam Berdarah Pada Bayi, Begini Cara Tepat Menanganinya

Tujuan dilaksanakannya program KUR antara lain adalah guna meningkatkan dan memperluas akses pembiayaan kepada usaha produktif, meningkatkan kapasitas daya saing usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM); dan mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja.

Pengajuan KUR harus dilengkapi dengan beberapa syarat. Apabila pengajuan KUR ditolak, maka besar kemungkinan penyebabnya adalah satu atau lebih di antara syarat-syarat tersebut yang tidak terpenuhi. 

Misalnya ada syarat administrasi yang tidak lengkap, sedang menanggung kredit konsumtif, atau waktu usaha kurang dari ketentuan minimal. Namun tak hanya syarat, ada juga beberapa hal yang juga merupakan penyebab dari ditolaknya pengajuan KUR seperti berikut ini.

BACA JUGA:Waspadai! Ini 9 Tanda Demam Berdarah Pada Bayi, Begini Cara Tepat Menanganinya

Penyebab KUR Ditolak 

Nah, bagi kamu yang mengajukan KUR kemudian ditolak, kamu bisa mengetahui berbagai faktor yang menyebabkan pengajuan tersebut ditolak berikut ini:

1. Dokumen Tidak Lengkap

Penyebab utama KUR ditolak bisanya adanya dokumen yang tidak lengkap. Apabila dokumen yang kamu lampirkan tidak lengkap dan tidak valid, pengajuan KUR ini bisa langsung ditolak karena tidak memenuhi syarat.

Sehingga solusinya harus melampirkan identitas pribadi dan dokumen pendukung yang lain. Pastikan surat izin usaha hingga slip gaji, menjadi dokumen pendukung untuk pengajuan KUR ini.

Semakin lengkap dokumen pendukung, maka proses pengajuan bisa semakin cepat disetujui.

BACA JUGA:Daftar PTN yang Menerima KIP Kuliah 2024, Pendaftaran Masih Dibuka, Jangan Sampai Ketinggalan!

2. Mempunyai Riwayat Pinjaman yang Buruk

Nyatanya riwayat pinjaman yang buruk memiliki risiko yang buruk pula. Hal ini bisa mempengaruhi pengajuan KUR kamu.

Memiliki riwayat pembayaran yang kerapkali nunggak hingga kurang lancar dalam setiap prosesnya, membuat pengajuan KUR kamu bisa langsung ditolak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: