Iklan RBTV Dalam Berita

9 Tips Efektif Hemat Pengeluaran Bulanan, Bisa Awet Sampai Akhir Bulan, Ikuti Panduannya

9 Tips Efektif Hemat Pengeluaran Bulanan, Bisa Awet Sampai Akhir Bulan, Ikuti Panduannya

Tips untuk berhemat pengeluaran bulanan--

Tips lainya yang bisa kamu lakukan adalah mencari sumber pendapatan tambahan. Jika pendapatanmu tidak cukup untuk menutup pengeluaranmu, maka kamu harus mencari cara untuk menambah penghasilanmu. 

Ada banyak cara untuk mendapatkan uang tambahan, misalnya dengan menjual barang bekas, menjadi freelancer, mengikuti survei online, atau berinvestasi.

Dengan memiliki sumber pendapatan tambahan, kamu bisa menghemat pengeluaran bulanan tanpa mengorbankan gaya hidup. Kamu bisa menggunakan uang tambahan tersebut untuk membayar hutang, menabung, atau membeli barang yang kamu inginkan. 

BACA JUGA:Begini Cara Menghitung Jumlah Dana Darurat yang Ideal, Jangan Keliru!

Namun, kamu juga harus tetap bijak dalam mengelola uang tambahan tersebut dan jangan sampai menghambur-hamburkannya.

8. Ubah kebiasaan konsumtif menjadi produktif

Tips terakhir yang bisa kamu terapkan adalah mengubah kebiasaan konsumtif menjadi produktif. Kebiasaan konsumtif adalah kebiasaan yang cenderung menghabiskan uang untuk membeli barang atau jasa yang tidak penting atau berlebihan.

Kebiasaan konsumtif bisa membuat kamu boros dan sulit menabung. Sebaliknya, kebiasaan produktif adalah kebiasaan yang cenderung menghasilkan uang atau manfaat untuk diri sendiri atau orang lain.

Dengan mengubah kebiasaan konsumtif menjadi produktif, kamu bisa menghemat pengeluaran bulanan tanpa mengorbankan gaya hidup. 

BACA JUGA:Mengenal Dana Darurat, Simak Alasan Mengapa Penting Dilakukan

Caranya kamu bisa mengganti kebiasaan membeli makanan atau minuman mahal dengan memasak sendiri, mengganti kebiasaan nonton bioskop atau Netflix dengan membaca buku atau menulis blog, atau mengganti kebiasaan belanja online dengan berjualan online.

9. Hindari Berhutang

Apapun jenisnya, sebisa mungkin hindari berhutang entah itu bernominal kecil atau besar. Contoh yang paling kecil adalah, hindari penggunaan kartu kredit yang malah bisa menguras pendapatan hanya untuk membayar cicilan bulanan berikut bunga-bunganya.

Bila pun harus berhutang, upayakan agar Anda ulet dalam menghitung bunga dan biaya-biayanya, jangan sampai terjebak dalam the devil circle of debt.

BACA JUGA:Fashion Stylist Tuai Kecaman, Mahasiswi Ini Pakai Baju Batik Model Crop Top saat Peringatan Hari Batik

Demikianlah sejumlah tips hemat pengeluaran bulanan yang bisa kamu terapkan, dengan mengikuti langkah-langkah diatas kamu bisa mengatur keuangan dengan baik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: