Iklan RBTV Dalam Berita

Prediksi Musim Hujan di Bengkulu, Ini Daerah Rawan Bencana Selama Musim Hujan 2024

Prediksi Musim Hujan di Bengkulu, Ini Daerah Rawan Bencana Selama Musim Hujan 2024

Prediksi Musim Hujan di Bengkulu--

Angin monsun atau angin baratan membawa uap air dari Samudra Pasifik ke wilayah Asia setiap tahunnya, biasanya berlangsung dari bulan Oktober hingga April. Angin ini menjadi salah satu faktor utama terjadinya musim penghujan di Indonesia.

BACA JUGA:Tanda-tanda Kedatangan Musim Penghujan di Indonesia, Ini Prakiraan Puncaknya Menurut BMKG

2. Massa Udara Basah

Konsentrasi massa udara yang basah dan kaya uap air dapat mendukung pembentukan awan hujan. Kondisi ini umumnya terjadi ketika angin monsun membawa udara lembap dari laut ke daratan.

3. Pertumbuhan Awan Hujan

Pola cuaca yang tidak biasa, seperti angin kencang, suhu tinggi, dan kelembapan udara yang meningkat, menyebabkan pertumbuhan awan hujan. Awan cumulonimbus yang tebal dan menjulang tinggi sering menjadi tanda bahwa hujan deras akan segera turun.

BACA JUGA:Ini Prakiraan Jadwal Musim Hujan di Jawa Barat, BMKG Imbau Waspada Bencana Hidrometeorologis

4. Perubahan Suhu

Suhu udara cenderung lebih sejuk menjelang musim hujan, terutama di malam hari. Ini sering kali menjadi tanda alam bahwa hujan akan segera datang.

5. Angin Kencang dan Cuaca Mendung

Angin yang bertiup lebih kencang dan cuaca yang sering mendung juga merupakan indikasi bahwa musim hujan sudah semakin dekat.

 

Memahami tanda-tanda alam yang menandakan datangnya musim hujan serta mengetahui daerah-daerah rawan bencana akan membantu masyarakat Bengkulu lebih siap dan waspada menghadapi musim penghujan tahun ini.

Sheila Silvina

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: