Iklan RBTV Dalam Berita

Tidak Serentak, Ini Prediksi Musim Hujan di NTB, Kapan Puncaknya?

Tidak Serentak, Ini Prediksi Musim Hujan di NTB, Kapan Puncaknya?

Prediksi Cuaca BMKG--

BACA JUGA:Potensi Cuaca Ekstrem, Ini Prediksi Musim Hujan di Mojokerto 2024 dari BMKG

BMKG pun mengimbau masyarakat untuk lebih siap dan antisipatif terhadap potensi bencana hidrometeorologi.

Salah satunya, dengan terus mengikuti perkembangan informasi cuaca dan iklim BMKG melalui berbagai kanal, seperti media sosial dan media massa.

Itulah tadi prediksi kapan NTB dan wilayah sekitarnya memasuki musim hujan. Sementara itu, dalam mempersiapkan fenomena hujan sangat penting dilakukan.

Karena hujan alam bisa terjadi di berbagai belahan dunia tanpa tepat prediksinya. Namun, terkadang kita perlu mengetahui apakah hujan akan turun dengan cepat dan tepat.

BACA JUGA:BMKG Ungkap Prediksi Awal Musim Hujan di Malang Terjadi di Bulan Ini, Kapan Puncaknya?

Apalagi jika kita berencana untuk melakukan aktivitas di luar ruangan. Maka itu simak berikut ini lima cara untuk mengetahui apakah hujan akan turun dengan cepat dan tepat:

Tips Mengetahui Prediksi Hujan

1. Mengamati perubahan cuaca

Cuaca dapat memberikan petunjuk awal tentang kemungkinan hujan. Jika kamu melihat perubahan mendadak dalam suhu udara, penurunan tekanan atmosfer, atau awan yang semakin tebal dan gelap, kemungkinan besar hujan akan turun dalam waktu dekat.

Perhatikan juga tanda-tanda cuaca seperti angin kencang atau petir yang dapat mengindikasikan hujan yang akan segera datang.

Tetap mengikuti perkembangan cuaca secara teratur. Gunakan aplikasi cuaca yang terpercaya atau situs web cuaca untuk memantau perubahan cuaca setiap saat.

Jika perubahan cuaca menjadi tanda-tanda hujan yang lebih intens atau cepat, kamu dapat bersiap-siap untuk mengambil tindakan yang diperlukan.

BACA JUGA:Peralihan Musim, Kapan Musim Hujan di Blitar Tiba? Ini Prediksi BMKG

2. Menggunakan perangkat pemantau cuaca

Saat ini, tersedia berbagai perangkat pemantau cuaca yang dapat memberikan informasi tentang kondisi cuaca saat ini dan prakiraan cuaca beberapa jam ke depan. Kamu dapat menggunakan aplikasi cuaca di smartphone atau memasang stasiun cuaca di rumahmu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: