Iklan RBTV Dalam Berita

Cara Merawat Sepatu Kulit agar Tidak Mengelupas, No 4 Terlihat Sepele Padahal Penting

Cara Merawat Sepatu Kulit agar Tidak Mengelupas, No 4 Terlihat Sepele Padahal Penting

Cara Merawat Sepatu Kulit --

Udara yang lembap dapat membuat material sepatu kulit mudah teroksidasi, sehingga akan memicu bau, jamur, bakteri, dan memudar warnanya.

Kalau mau awet, baiknya tambahkan gumpalan kertas di dalam sepatu saat menyimpannya. Jangan lupa beri sedikit silika gel juga. 

Selain itu, penggunaan gumpalan kertas juga dapat menjaga sepatu agar tetap pada bentuknya, jadi sepatu nggak akan gampang terkelupas.

BACA JUGA:Rekomendasi 6 Hotel Murah di Kediri, Cocok untuk Liburan Akhir Tahun 2024

3. Rutin bersihkan dengan losion atau kondisioner khusus

Jangan sekali-kali mencuci sepatu kulit menggunakan air karena dapat memicu jamur pada sepatu kulit andalanmu. Bersihkan dengan menggunakan pembersih khusus seperti sabun pelana atau mink oil. 

Setelah dibersihkan, sepatu wajib dilap menggunakan handuk  dan pastikan cairan pembersihnya sudah benar-benar hilang sebelum disimpan. Kalau ternyata ada noda yang tertinggal, sikatlah menggunakan sikat gigi berbulu lembut.

BACA JUGA:Kapan Musim Hujan di Maluku Tahun 2024? Ini Prediksi BMKG untuk Wilayah Maluku

4. Jangan simpan dalam boks apalagi plastik

Walau kelihatannya aman, nyatanya menyimpan sepatu kulit di dalam boks justru dapat memicu bau dan membuatnya mengelupas. Hal ini disebabkan karena sirkulasi udara dalam boks yang terbatas sehingga membuat kelembapan udaranya naik. 

Sama halnya dengan menyimpan sepatu kulit di dalam plastik.

Justru kalau disimpan dalam plastik, sepatu akan memudar warnanya. Makanya, lebih baik simpanlah di rak sepatu dan taruh di ruangan bersuhu hangat agar terjaga keawetannya.

BACA JUGA:Kapan Musim Hujan di Maluku Tahun 2024? Ini Prediksi BMKG untuk Wilayah Maluku

5. Rutin semir sepatu

Agar warna sepatu selalu menarik, jangan lupa untuk rutin menyemirnya. Sebaiknya, gunakan produk semir sepatu terpercaya agar tak merusak warna dan memicu pengelupasan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: