Iklan RBTV Dalam Berita

BMKG Deteksi Ada Fenomena Badai Matahari di Indonesia Akhir Pekan Ini, Waspada Dampaknya

BMKG Deteksi Ada Fenomena Badai Matahari di Indonesia Akhir Pekan Ini, Waspada Dampaknya

Dampak badai matahari --

BACA JUGA:Langka! Ini Penyebab Bayi 19 Bulan Kena Kanker Ovarium hingga Stadium 3

4. Kerusakan Satelit: Radiasi dan partikel bermuatan dari badai matahari dapat merusak komponen elektronik pada satelit, mengurangi masa pakai atau bahkan menyebabkan kegagalan total.

5. Paparan Radiasi pada Astronaut: Astronaut di luar angkasa dapat terpapar radiasi tingkat tinggi dari badai matahari, yang dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan jangka panjang.

BACA JUGA:Polisi Selidiki Video Pembegalan Beredar di Medsos, Polres Minta Korban Lakukan Ini

Dampak Badai Matahari di Indonesia

Ramai menjadi perbincangan, Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Pusat Seismologi Teknik, Geofisika Potensial, dan Tanda Waktu Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Setyoajie Prayoedhie menjelaskan Indonesia tak kena dampak apapun.

"Hal ini bisa terjadi karena wilayah Indonesia berada di garis ekuator atau khatulistiwa sehingga akan dilindungi oleh sabuk magnetosfer yang kuat," katanya dikutip dari detik.com.

Selain itu, BMKG juga mendapati status gangguan akibat badai magnet yang terdeteksi di Indonesia berskala kecil. Fenomena ini akan lebih berdampak ke negara-negara yang terletak di belahan bumi utara dan selatan.

Penyebab Badai Matahari

Badai matahari disebabkan oleh perubahan dalam medan magnet Matahari. Matahari memiliki siklus aktivitas selama 11 tahun, di mana aktivitas magnetik meningkat dan menurun. 

Selama periode aktivitas tinggi, medan magnet Matahari menjadi lebih kompleks dan kusut. Hal ini dapat menyebabkan terbentuknya bintik matahari, yang merupakan area gelap pada permukaan Matahari dengan medan magnet yang kuat.

Bintik matahari dapat menghasilkan ledakan energi yang disebut solar flare (suar surya) dan coronal mass ejection (CME). 

Solar flare adalah ledakan radiasi elektromagnetik yang intens, sedangkan CME adalah lontaran plasma dan medan magnet dari korona Matahari. Kedua fenomena ini dapat melepaskan energi dalam jumlah besar dan meluncurkan partikel bermuatan ke luar angkasa.

BACA JUGA:7 Ciri-ciri Istri Selingkuh Menurut Psikologi, Ini Penyebabnya

Jenis-jenis Badai Matahari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: