Iklan RBTV Dalam Berita

Kata Gus Baha Sedekahlah saat Masih Miskin, Kalau Sudah Kaya Berat, Begini Kiasannya

Kata Gus Baha Sedekahlah saat Masih Miskin, Kalau Sudah Kaya Berat, Begini Kiasannya

Kata Gus Baha Sedekahlah saat Masih Miskin, Kalau Sudah Kaya Berat, Begini Kiasannya--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Kata gus-baha sedekahlah saat masih miskin, kalau sudah kaya berat, begini kiasannya.

Sedekah merupakan amalan yang dicintai Allah SWT. Sebagaimana yang sudah disebutkan dalam salah satu ayat Al-Qur'an yang berbunyi :

“Jika kamu menampakkan sedekah (mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu, dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Baqarah: 271)

BACA JUGA:Kata Gus Baha Kalau Sedekah Gak Usah Banyak-banyak, Lah Kok?

Sedekah tidak hanya berpatok pada harta benda saja. Hal-hal non materi pun bisa saja dikatakan sebagai sedekah, seperti menolong orang lain baik dengan tenaga maupun pikiran, memberi nafkah keluarga atau istri, menyingkirkan batu, duri dan krikil-krikil kecil dari tengah jalan pun termasuk ke dalam sedekah.

Hal yang paling sederhana pun, seperti murah senyum kepada orang lain adalah sedekah. Sebagaimana dalam hadits dikatakan, “Senyummu kepada saudaramu adalah sedekah.” (HR. At-Tirmidzi)

Kaya Gus Baha Sedekahlah saat Masih Miskin

Biasanya orang kaya yang dibesar-besarkan untuk bersedekah. Namun bagi ulama yang terkenal alim alamah, KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha itu tidak berlaku.

Bagi Gus Baha saat masih miskin maka sedekah itu mudah, tidak membebani, berbeda dengan orang yang banyak harta.

BACA JUGA:Konsep Mengelola Bahagia Ala Gus Baha, Tak Perlu Banyak Harta dan Jadi Pejabat,

"Nah sekarang kalau kamu punya uang satu juta rupiah, diminta untuk zakat Rp25 ribu enteng apa gak? enteng. Biasa juga kan kita punya uang untuk traktir teman habis Rp100 ribu, enteng kan ya?," ujar Gus Baha seperti yang dikutip tayangan TikTok @Nasihat Diri.

Tapi akan berbeda ketika punya uang Rp10 juta, otomatis akan mulai berfikir karena jumlah yang harus disedekahkan semakin banyak, yaitu Rp250 ribu, jika dihitung 2,5 persen dari harta yang kita punya.

"Itu kalau sepuluh juta, sekarang kalau Rp1 miliar, ya Rp25 juta, wah ini pikiran kamu bikin toko baru, bikin konter baru," ujarnya.

Bagi orang yang hartanya belum banyak, lanjut Gus Baha, maka kesempatan bersedekah adalah sekarang, bahkan sedekahnya bisa sampai 50 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: