Iklan RBTV Dalam Berita

Cara Cek Keaslian BPKB dan STNK, Jangan Sampai Ketipu

Cara Cek Keaslian BPKB dan STNK, Jangan Sampai Ketipu

Cek Keaslian BPKB dan STNK--

3. Periksa riwayat servis mobil

Berikutnya, kalian harus menanyakan riwayat perawatan mobil secara detail supaya tidak menyesal dikemudian hari.

4. Inspeksi fisik kendaraan

Selalu ada kemungkinan masalah pada fisik kendaraan akibat pemakaian setiap hari. Perhatikan perbedaan warna cat antar panel atau pertemuan antar panel yang tidak rapi. Kalau terlalu bersih dan rapi, atau menggunakan produk non orisinal, ada risiko pernah diperbaiki akibat kecelakaan.

Di sekitar rangka kendaraan kendaraan terdapat bekas pengelasan yang dilakukan saat proses produksi kendaraan. Jika titik-titik las ini sudah lenyap, artinya pernah dilakukan perbaikan besar.

Cek juga kolong mobil yang paling rawan karat akibat banjir, termasuk bekas tabrakan yang mungkin terlihat.

Jangan lupa untuk periksa bekas lelehan oli atau lumpur, serta kabel yang rusak atau pernah diganti baru di dalam ruang mesin. Penggantian komponen mesin yang belum saatnya patut diwaspadai. Periksa pula kondisi oli mesin dan cairan radiator. Kalau suara mesin kasar atau aneh, berarti ada masalah di dalamnya.

Perhatikan jika ada sisa lumpur di baut pengikat jok dan lantai mobil. Atau perbedaan warna di pelapis pintu mobil bagian dalam. Angkat karpet mobil dan pastikan tidak ada bekas karat.

BACA JUGA:Aksi Heroiknya Diapresiasi, Dua Kakek yang Setop Kereta Api Lintasi Rel Putus Dapat Hadiah dari PT KAI

5. Test drive

Terakhir, ini menjadi hal yang tidak kalah penting. Test drive memberikan kesempatan untuk merasakan langsung kondisi mobil dan potensi perbaikan yang dibutuhkan.

Mobil bekas kecelakaan biasanya tidak stabil, bahkan jika rangka kendaraannya sudah kena tidak dapat berjalan lurus ke depan.

Itulah tadi mengenai cara cek keaslian BPKB dan STNK kendaraan jika kalian melakaukan pembelian terhadap kendaraan bekas. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Putri Nurhidayati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: