Iklan RBTV Dalam Berita

Sudah Pakai Helm SNI tapi Masih Kena Tilang, Kok Bisa?

Sudah Pakai Helm SNI tapi Masih Kena Tilang, Kok Bisa?

Helm SNI --

Sementara itu, masyarakat sudah sering mendengar soal pentingnya menggunakan helm SNI, polisi lalu lintas (Polantas) juga sepertinya tidak bosan menggembor-gemborkan mengenai hal ini.

Ini semua juga demi keselamatan pengguna. Namun, sepertinya masih banyak yang penasaran kenapa pakai helm SNI diwajibkan, bahkan kalau sampai melanggar bisa kena tilang polisi dengan denda yang lumayan tinggi.

BACA JUGA:Kisi-kisi Tes SKD CPNS Kemenparekraf 2024, Panduan Lengkap untuk Pelamar

Alasan Pakai Helm SNI

Dilansir dari beberapa sumber, ada tiga alasan pentingnya menggunakan helm SNI, utamanya untuk menjamin keselamatan dan meminimalisir dampak dari kecelakaan, yakni:

- Helm yang ideal dengan berat standar

Helm berlogo SNI dibuat dengan riset yang mendalam, hal ini guna memastikan helm tetap nyaman dan tidak mengganggu pengendara saat menggunakan motor di jalan.

Menurut ketentuan SNI, berat helm full face normalnya adalah 1,4-1,6 Kg, tidak lebih dari 2 Kg, kemudian untuk berat helm open face 1,1 - 1,4 Kg. 

Tidak banyak yang mengetahui soal hal ini, berat helm mempengaruhi kualitas dan ketahanannya saat terjadi kontak benturan. Helm yang terlalu ringan tidak mampu melindungi kepala, sebaliknya helm yang terlalu berat juga akan kurang nyaman.

BACA JUGA:Cara Aktivasi BTN Mobile di HP Tanpa Repot ke Bank, Mudah dan Ikuti Langkah-langkahnya di Sini

- Mengurangi Dampak Kecelakaan

Ini hal yang harus menjadi catatan penting bagi pengguna. Menggunakan helm saat naik motor itu kebutuhan bukan aksesoris pelengkap. Tidak ada yang tahu kapan pengendara motor akan mengalami kecelakaan, karena banyaknya faktor.

Bahkan pengendara yang tertib dan disiplin sekalipun bisa saja mengalami kecelakaan akibat keteledoran dan kelalaian pengendara lainnya. 

Oleh karena itu, helm SNI ini berfungsi untuk melindungi area kepala saat terjadi benturan ringan ataupun berat. Helm yang berlogo SNI, semestinya mampu menahan efek benturan karena sudah diuji berulang-ulang. 

Artinya kualitas helm benar-benar berpengaruh ke keselamatan, cukup aneh jika menggunakan helm murah untuk keselamatan sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: