Iklan RBTV Dalam Berita

Konversi Mata Uang Baru BRICS ke Dolar & Rupiah, 1 BRICS Berapa Rupiah?

Konversi Mata Uang Baru BRICS ke Dolar & Rupiah, 1 BRICS Berapa Rupiah?

Konversi Mata Uang Baru BRICS ke Dolar & Rupiah, 1 BRICS Berapa Rupiah?--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Konversi mata uang baru brics ke Dolar & Rupiah, 1 BRICS berapa rupiah?.

Pada KTT BRICS 2024 yang telah digelar di Kazan, Rusia, tanggal 22-24 Oktober 2024, negara-negara BRICS yang terdiri dari Brasil, Rusia, India, Cina, dan AfrikaSelatan melanjutkan diskusi mereka untuk menciptakan mata uang cadangan baru.

BRICS kini telah menerima anggota baru, seperti Iran, Mesir, Ethiopia, Uni Emirat Arab, dan Arab Saudi. Negara lain, termasuk Turki, Azerbaijan, Malaysia, bahkan Indonesia pun turut mengajukan permohonan untuk bergabung.

BACA JUGA:Mata Uang Baru BRICS Resmi Diluncurkan, Tanda Berakhirnya Kejayan Dollar AS?

Ekspansi ini menggarisbawahi kekuatan dan pengaruh aliansi di tengah situasi geopolitik yang semakin rumit.

Rencana ambisius BRICS dalam menciptakan mata uang cadangan baru bertujuan untuk menegaskan kemandirian ekonomi aliansi dan menantang dominasi dolar AS yang telah

menguasai sistem keuangan internasional selama beberapa dekade ini.

Keinginan untuk menciptakan mata uang BRICS didorong oleh ketidakpuasan terhadap peran dolar AS yang mendominasi sekitar 90 persen perdagangan mata uang global danhampir 100 persen transaksi minyak dunia.

BACA JUGA:Mata Uang Baru BRICS Resmi Diluncurkan di Konferensi Tingkat Tinggi di Kazan

Pada tahun 2023, tercatat bahwa sekitar seperlima dari perdagangan minyak dunia dilakukan menggunakan mata uang non-dolar, mengindikasikan tren de-dolarisasi yang semakin kuat.

Konversi Mata Uang Baru BRICS ke Dolar & Rupiah

BRICS berencana membuat mata uang sendiri. Nantinya bisa digunakan negara-negara anggota dalam melakukan kerja sama. Namun, mata uang BRICS tidak berbentuk fisik, melainkan uang digital.

Lalu, 1 BRICS berapa rupiah? Jika dikonversikan ke dalam Rupiah, maka 1 BRICS setara dengan Rp366.000. 1 BRICS juga senilai dengan kurang lebih $22.

Pembentukan mata uang BRICS bertujuan untuk menghilangkan ketergantungan negara-negara BRICS terhadap mata uang Dolar AS ($).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: