Iklan RBTV Dalam Berita

10 Wilayah yang Punya Skor Kualitas Udara Paling Bersih di Dunia 2024

10 Wilayah yang Punya Skor Kualitas Udara Paling Bersih di Dunia 2024

Negara yang punya kualitas udara terbersih --

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Kualitas udara paling bersih di dunia 2024, ini 10 daftar wilayahnya, Estonia miliki skor EPI 75.3.
Salah satu faktor terpenting yang dapat berpengaruh untuk meningkatkan umur panjang seseorang adalah menjaga kebersihan.
Maka itu, wajib bagi negara menyediakan kebersihan yang layak bagi masyarakatnya. 

BACA JUGA:Duh! Ini 10 Negara dengan Mata Uang Terlemah di Dunia, Ada Rupiah Indonesia

Akan tetapi, masyarakat pun dituntut untuk disiplin dalam menerapkan gaya hidup bersih. Sebab, semua itu tidak lain demi kesehatan mereka sendiri.
Adapun langkah yang bisa diambil, seperti ketersediaan air bersih, udara, teknik pengelolaan sampah yang efektif, dan sanitasi yang baik dapat mempengaruhi kualitas hidup dan juga meningkatkan umur panjang seseorang.

BACA JUGA:Biar Paham, Ini 15 Istilah Dalam Dunia Penerbangan yang Ditulis Menggunakan Bahasa Inggris

Negara-negara yang memiliki tingkat polusi tinggi mempunyai angka kematian akibat penyakit tidak menular yang tinggi. Menurut WHO, penyakit tidak menular menyumbang 74% dari seluruh kematian yang terjadi di dunia.
Yang perlu dilakukan saat ini adalah mengurangi polusi dalam segala bentuknya sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang hidup di dunia.

BACA JUGA:Duh! Ini 10 Kota Paling Berbahaya di Dunia 2024, Berani Liburan ke Sini?

Nah, dari semua negara yang ada di dunia, negara mana saja yang dinilai paling bersih?

Dalam studi ini, tingkat kebersihan suatu negara dinilai berdasarkan EPI, yang mengacu pada Indeks Kinerja Lingkungan, yaitu indeks yang dikembangkan oleh Universitas Yale dan Columbia bekerja sama dengan World Economic Forum (WEF), yang mengukur kebersihan dan keramahan lingkungan di 180 negara di dunia.

EPI mengukur 40 parameter yang tersebar di 11 kategori, seperti mitigasi perubahan iklim, kualitas udara, sanitasi & air minum, logam berat, limbah padat, sumber daya air, pertanian, perikanan, polusi udara, hutan, serta keanekaragaman hayati & habitat.

BACA JUGA:Menakjubkan, Ini 8 Perpustakaan Terindah di Dunia, Surganya Bagi Pecinta Buku

Daftar 10 Negara Terbersih di Dunia Menurut Environmental Performance Index Report 2024

Berikut adalah daftar 10 negara terbersih di dunia berdasarkan Environmental Performance Index (EPI) 2024, beserta penjelasannya:

1. Estonia - Skor EPI: 75.3

Estonia adalah negara kecil di Eropa Utara yang dikenal dengan kebijakan ramah lingkungan yang ketat dan penggunaan energi terbarukan yang luas.

2. Luksemburg - Skor EPI: 75.0

Luksemburg, meskipun kecil, memiliki kebijakan pengelolaan limbah dan sanitasi yang sangat baik, menjadikannya salah satu negara terbersih di dunia.

3. Jerman - Skor EPI: 74.6

Jerman memiliki program besar-besaran untuk mengurangi emisi karbon dan mempromosikan energi terbarukan, yang membantu menjaga kebersihan lingkungan.

4. Finlandia - Skor EPI: 73.7

Finlandia dikenal dengan kualitas udara yang sangat bersih dan banyak hutan yang dilindungi, serta penggunaan energi terbarukan yang efektif.

5. Inggris - Skor EPI: 72.7

Inggris berhasil menjaga lingkungan tetap bersih dengan fokus pada pengelolaan limbah dan pengurangan emisi.

6. Swedia - Skor EPI: 70.5

Swedia dikenal sebagai salah satu negara paling hijau di dunia dengan komitmen besar pada keberlanjutan dan pengurangan emisi karbon.

7. Norwegia - Skor EPI: 70.0

Norwegia memiliki kebijakan lingkungan yang sangat baik dan fokus pada energi terbarukan serta pengelolaan sumber daya alam yang efisien.

8. Belanda - Skor EPI: 69.8

Belanda memiliki sistem pengelolaan limbah yang sangat baik dan fokus pada energi terbarukan serta pengurangan emisi.

9. Austria - Skor EPI: 69.5

Austria dikenal dengan kebijakan lingkungan yang sangat baik dan penggunaan energi terbarukan yang efektif.

10. Prancis - Skor EPI: 68.9

Prancis memiliki kebijakan lingkungan yang baik dan fokus pada pengurangan emisi serta penggunaan energi terbarukan.

BACA JUGA:5 Pemimpin Negara di Dunia Tanpa Ibu Negara Selain Presiden Prabowo Subianto

Negara-negara ini telah berhasil menjaga kebersihan lingkungan mereka dengan berbagai kebijakan dan upaya yang efektif. 
Sementara itu, belakangan ini masih terdapat sejumlah wilayah yang tingkat polusi udaranya buruk, bahkan menjadi tercemar dan dapat meyakiti makhluk hidup. 
Maka itu, dalam upaya mempertahankan kebersihan udara seperti wilayah diatas sangat penting bagi kita semua untuk mengetahui cara mencegahnya.

BACA JUGA:8 Pria yang Punya Istri Terbanyak di Dunia, 3 Diantaranya Berasal dari Indonesia

Cara Mencegah Pencemaran Udara

1. Menggunakan Kendaraan Ramah Lingkungan

Dikutip dari detik.com, asap knalpot kendaraan bermotor adalah salah satu penyebab terbesar polusi udara. Apalagi di kota-kota besar yang dipadati kendaraan setiap hari. Maka dari itu, dianjurkan untuk memilih kendaran yang ramah lingkungan dengan bahan bakar listrik atau tenaga surya. Bila perlu, Anda bisa menggunakan sepeda.

2. Mengurangi Pemakaian Kendaraan Bermotor

Kendaraan ramah lingkungan memang masih sulit didapatkan. Sebagai gantinya, kurangi penggunaan kendaraan bermotor pribadi dan biasakan memakai kendaraan umum. Tidak hanya mengurangi polusi udara, namun juga mengurangi kemacetan. Jika jarak yang ditempuh lumayan dekat, tidak ada salahnya berjalan kaki.

3. Kurangi Merokok

Meskipun tidak sebesar asap knalpot, asap rokok juga merupakan faktor penyebab pencemaran udara. Mengurangi rokok sangat penting untuk menjaga kesehatan kita dan orang sekitar kita. Mengutip Haris, Ikhsan dan Rogayah dalam buku berjudul Asap Rokok Sebagai Bahan Pencemar dalam Ruangan, asap rokok menyebabkan pencemaran dalam ruangan yang lebih berbahaya dibandingkan dengan di luar ruangan.

4. Jangan Membakar Sampah

Pembakaran sampah secara terbuka sebenarnya sudah diatur dalam UU no.18 tahun 2008 yang ditegaskan bahwa masyarakat harus mengelola sampah dengan sistem kumpul-pilah-olah.

Namun, masih banyak orang-orang yang tetap membakar sampah, karena membakar sampah adalah cara paling mudah untuk menghilangkan sampah. Apalagi di wilayah yang sistem pengelolaan sampahnya kurang memadai. Maka dari itu, melakukan reduce-reuse-recycle adalah cara paling tepat untuk mengurangi sampah.

5. Menggunakan Produk Ramah Lingkungan

Salah satu cara sederhana mengurangi polusi udara adalah menggunakan green product atau produk ramah lingkungan. Green product tidak berbahaya terhadap lingkungan, baik saat proses produksi atau saat mengkonsumsinya. Pilihlah produk yang bertuliskan organic, eco-labelling atau no animal testing.

7. Menanam Pohon

Daripada membakar hutan, lebih baik kita perbanyak menanam pohon. Pepohonan dapat meningkatkan kualitas udara secara langsung dan tidak langsung. Pohon akan membersihkan udara dari polutan berbahaya dan menghasilkan oksigen. Langkah kecil yang dapat Anda lakukan adalah menanam pohon di pekarangan rumah Anda.

8. Tidak Membakar Hutan

Kebakaran hutan memang lebih sering terjadi karena faktor alam, seperti sambaran petir, musim kemarau, atau letusan gunung berapi. Namun, musibah ini juga bisa terjadi karena ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu, manusia perlu mengurangi pembukaan lahan dengan cara dibakar serta perburuan hewan menggunakan senapan api.

9. Kurangi Penggunaan Bahan yang Sulit Terurai

Beberapa tahun ke belakang, manusia mulai menyadari bahaya sampah terhadap lingkungan. Sampah kaleng, plastik dan kaca membutuhkan waktu yang lama untuk terurai.
Cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah mengurangi pembelian produk fast fashion, membawa kantong belanja sendiri, membawa tempat makan dan minum sendiri, serta kurangi penggunaan sedotan plastik atau kayu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: