Iklan dempo dalam berita

Ini Daftar 16 Daerah di Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi yang Berjuang Membentuk Provinsi Baru

Ini Daftar 16 Daerah di Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi yang Berjuang Membentuk Provinsi Baru

Ini Daftar 16 Daerah di Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi yang Berjuang Membentuk Provinsi Baru--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Walaupun masih wacana, informasi terkait pembentukan 8 provinsi baru di Pulau Sumatera terus ditunggu. Masyarakat masih mencari tahu provinsi apa-apa saja, dan bagaimana progresnya sekarang. Berikut ulasannya. 

Wacana pembentukan daerah otonomi baru (DOB) di pulau Sumatera secara teknis terus berjalan.

Dilansir dari pagaralam.disway.id, dari berbagai sumber, direncanakan ada 8 provinsi baru yang akan dibentuk dan dimekarkan dari provinsi induk.

BACA JUGA:Tiga Tempat Ini Diduga Tempat Kemunculan Dajjal

Rencana pembentukan daerah otonomi baru ini bertujuan untuk percepatan dan pemerataan pembangunan serta mensejahterakan penduduk. Lantas daerah mana saja yang direncanakan bakal menjadi provinsi baru?

BACA JUGA:Saat El Nino Tahun 1997, Lebih 8 Juta Ha Lahan Terbakar, Indonesia Jadi Perhatian Dunia

 

1. Provinsi Natuna Anambas

 

Usulan pemekaran adalah Provinsi Natuna Anambas. Walaupun baru dimekarkan dari Provinsi Riau 19 tahun lalu, namun karena jaraknya jauh dari pusat pemerintahan Provinsi Riau, maka muncul rencana menjadikan daerah ini menjadi provinsi.

Karena di daerah ini hanya ada dua kabupaten, sementara usulan minimal untuk membentuk pemerintahan provinsi ada lima kabupaten kota yang bergabung, maka akan dilakukan dulu pemekaran kabupaten.

Kabupaten yang diusulkan untuk dimekarkan yakni Kabupaten Natuna Barat dan Kabupaten Natuna Selatan yang akan dimekarkan dari Kabupaten Natuna.

Kemudian Kabupaten Nantuna Anabas yang akan dimekarkan dari gabungan wilayah Kabupaten Natuna dan Kabupaten Kepulauan Anambas.

Sedangkan letak ibukota provinsi rencananya berada di Kota Ranai yang saat ini masuk dalam wilayah Kabupaten Natuna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: