Iklan dempo dalam berita

Perbanyak Mohon Ampun, Ini Doa Saat El Nino Melanda, Rasulullah SAW Sering Membacanya

Perbanyak Mohon Ampun, Ini Doa Saat El Nino Melanda, Rasulullah SAW Sering Membacanya

Perbanyak Mohon Ampun, Ini Doa Saat El Nino Melanda, Rasulullah SAW Sering Membacanya--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Saat ini gelombang panas menerpa sejumlah negara di dunia. Salah satunya, India. Di negara tersebut, suhu bahkan mencapai 44 derajat celsius.

Sementara di Indonesia, berbagai daerah melaporkan suhu naik signifikan. Suhu panas, meski masih ditingkahi dengan hujan.

BACA JUGA:Saat El Nino Tahun 1997, Lebih 8 Juta Ha Lahan Terbakar, Indonesia Jadi Perhatian Dunia

Semula banyak yang mengira suhu panas ini terkait dengan gelombang panas yang terjadi di dunia. Belakangan BMKG membantah dan mengklarifikasi bahwa suhu panas disebabkan gerak semu matahari.

Akhir April 2023, sejumlah daerah sudah memasuki pancaroba dan kemarau. Kawasan terdampak kemarau makin meluas hingga puncaknya diperkirakan pada Agustus-September, dengan jumlah 32 provinsi terdampak.

BACA JUGA:Picu Cuaca Ekstrem, Pahami Perbedaan El Nino dan La Nina

Diprediksi kemarau tahun ini juga normal dan bahkan ada yang di atas normal, alias kemarau panjang. Sebab, kini sedang muncul fenomena alam berupa El Nino, yang menyebabkan tipisnya awan hujan.

Umat Islam dianjurkan memperbanyak doa dalam kondisi apapun. Terlebih, jika kondisi kemarau yang sampai menyebabkan kesulitan.

Mengutip laman liputan6.com yang dirilis dari nu.or.id, kita sangat dianjurkan untuk perbanyak memohon ampunan dan menurunkan anugerah-Nya berupa air. Perintah permohonan ampun ini dapat ditemukan pada firman Allah SWT sebagai berikut:

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا

Artinya: Maka aku katakan kepada mereka, ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sungguh Dia adalah Maha Pengampun–niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, membanyakkan harta dan anak-anakmu, mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai. (Surat Nuh ayat 10-12).

BACA JUGA:Ancaman El Nino Jangan Dianggap Remeh, Pemerintah Indonesia Terus Bersiap

Berikut ini adalah doa musim kemarau yang dibaca Rasulullah SAW.

Doa Rasulullah Saat Musim Kemarau

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: