5 Jenis Suku Cadang atau Spare Part Mobil yang Paling Susah Dicari
Suku cadang mobil yang sudah dicari--
8. Busi
Fungsi busi pada mobil dengan mesin pembakaran internal adalah menginisiasi campuran udara dengan bahan bakar sehingga menciptakan sejenis percikan api atau ledakan yang pada akhirnya membuat mobil bergerak maju. Tanpa busi di sistem pengapian mesin, mobil tidak bisa dinyalakan. Busi harus mampu menahan tekanan yang sangat besar setiap kali ledakan atau pengapian terjadi.
Setelah dipakai terus-menerus, elektroda tengah busi akan aus dan dapat menyebabkan gagal inisiasi. Panas berlebihan juga dapat menyebabkan keretakan isolatornya.
Ciri busi yang harus diganti, antara lain: ketika mesin sulit dinyalakan, getaran tak wajar pada bagian mesin bahkan sampai menghasilkan suara ketukan ketika mobil meluncur, dan mesin semakin sering tiba-tiba mati di tengah jalan. Busi yang rusak bakal tidak bisa berfungsi untuk menyalakan mesin lagi. Jika hal ini terjadi, kamu perlu segera mengganti suku cadang ini.
Pada umumnya, penggantian busi dilakukan jika pemakaian mobil mencapai 20.000 km. Namun, berbagai jenis busi perlu diganti pada interval yang berbeda. Misalnya, busi tembaga biasanya bertahan sekitar 50.000 km, sedangkan busi iridium seringkali bertahan lebih dari 120.000 km.
BACA JUGA:Simulasi Kredit Daihatsu Ayla Terbaru Tahun 2024, Cicilan Ringan dan Tenor Panjang
Demikianlah ulasan mengenai suku cadang mobil apa yang paling susah dicari, lengkap daftar jenisnya.
(Nutri Septiana)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: