Iklan RBTV Dalam Berita

Penggembala Kambing Menjadi Manusia Terakhir di Dunia Sebelum Sangkakala Ditiup

Penggembala Kambing Menjadi Manusia Terakhir di Dunia Sebelum Sangkakala Ditiup

Ilustrasi pengembala kambing--

Jika ada kejadian di masa sekarang yang sesuai dengan tanda-tanda kiamat yang disebutkan dalam berbagai hadits tersebut, belum tentu itu menjadi tanda yang pasti. Bisa juga kejadian yang sama akan terjadi di masa mendatang karena Rasul sendiri tidak mengetahui kapan tanda-tanda tersebut terjadi.

Hal ini sesuai dengan yang telah disebutkan oleh Al-Quran Surat Al-Aʽrāf ayat 187 ketika Rasul SAW ditanya kapan terjadinya kiamat.

 

يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ رَبِّي ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلَّا هُوَ ۚ

“Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat, ‘Bilakah terjadinya?’ Katakanlah, ‘Sungguh pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku. Tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia.’”

 

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, kiamat adalah hari akhir dari dunia. Pada hari kiamat semua yang hidup akan mati, bahkan malaikat pun akan dimatikan oleh Allah SWT. 

Tidak hanya itu, bumi yang menjadi naungan makhluk hidup seperti manusia, hewan, dan tumbuhan juga akan dihancurkan beserta planet-planet yang ada di tata surya.

BACA JUGA:Jangan Sepelekan 2 Hewan Ini, Gus Baha: Bisa Bawa Pesan Datang Bencana Besar

Dengan kata lain, tidak akan ada satu pun makhluk Allah SWt yang akan lolos dari kiamat. Semua manusia akan mati. Meski demikian, kiamat harus dipahami sebagai serangkaian peristiwa yang saling terkait. Bahkan jika pun semua manusia akan mati di hari kiamat, ternyata itu pun akan melewati sebuah proses.

Sehingga, ketika hampir semua manusia di muka bumi telah mati, masih ada manusia terakhir yang masih hidup di muka bumi ini. Manusia yang mati terakhir di hari kiamat adalah seorang penggembala kambing. Dia adalah orang asli Suku Madinah.

Ketika kiamat terjadi, sang penggembala kambing ini bahkan tidak menyadari bahwa dirinya adalah satu-satunya manusia yang masih hidup di muka bumi ini. Dia kemudian masuk ke Kota Madinah dan tidak menemukan tanda-tanda kehidupan sama sekali.

Lalu ketika telapak kakinya menyentuh tanah Kota Madinah, maka pada saat itulah dia meninggal dunia. Baru setelah itu sangkakala terakhir ditiupkan.

BACA JUGA:Katanya Rawat Inap Pasien BPJS Maksimal 3 Hari, Begini Kata Direktur BPJS

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Orang yang terakhir meninggal dari kalian kalangan manusia. Dia tidak mengetahui jika semua orang telah mati kecuali dirinya. Kemudian dia masuk dengan gembalanya ke Kota Madinah dan menemukan tak ada kehidupan sama sekali. Pada saat dia meletakkan telapak kakinya di Madinah, maka saat itulah dia meninggal dunia sebelum ditiup sangkakala terakhir."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: