Iklan dempo dalam berita

Jadi Sumber Informasi Pemilu, Pemda Sepakat Dukung Pemilu Adil dan Demokratis

Jadi Sumber Informasi Pemilu, Pemda Sepakat Dukung Pemilu Adil dan Demokratis

Jadi Sumber Informasi Pemilu, Pemda Sepakat Dukung Pemilu Adil dan Demokratis--

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM - Pemerintah Daerah akan menjadi sumber informasi masyarakat tentang kepemiluan 2024. Mematangkan penyampaian dan keterbukaan informasi ini digelar Forum Koordinasi & Konsultasi (FKK) Keterbukaan Informasi Publik bersama Kemenkopolhukam RI, di Balai Raya Semarak Bengkulu, Kamis pagi (25/5). 


BACA JUGA:Pemprov akan Tawarkan Peluang Usaha di Bengkulu kepada Pengusaha Korea Selatan

Peserta FKK merupakan kadis Kominfo dan Anggota Komisi Informasi Provinsi (KIP) se-Indonesia. 

Deputi Bidang Koordinasi Komunikasi Informasi dan Aparatur Kemenko Polhukam RI Marsda TNI Arif Mustofa mengatakan, Pemilu menjadi momen penting berdemokrasi bagi Bangsa Indonesia. Sehingga dibutuhkan transparansi dan keterbukaan informasi bagi masyarakat. 

BACA JUGA:Dugaan Penipuan Pengangkatan Honorer, Terlapor Disebut Dipecat dari PTT, Versi PH Uang Sudah Dikembalikan

"Oleh karena itu transparansi dan keterbukaan informasi dalam proses pemilu sangatlah penting untuk memastikan bahwa pemilu 2024 berjalan dengan adil dan demokratis," ujar Marsda TNI Arif Mustofa.

Pemerintah daerah pun diminta bisa menjadi pedoman masyarakat dalam membuat keputusan pemilihan dan siap untuk menyongsong pemılu 2024. 

"Kita berharap sumber informasi yang dipegang pemerintah menjadi pedoman masyarakat dalam membuat keputusan dalam menyongsong dan mengikuti pemilu 2024," tambah Marsda TNI Arif Mustofa.

Ketua Komisi Informasi Pusat (KIP) RI Donny Yoesgıantoro mengatakan, KIP RI akan melıhat transparansı ınforması darı KPU RI sebagaı penyelenggara pemılu. Mulaı darı penetapan pemılıh, balon hıngga pasca pencoblosan.


"Diskominfo akan melihat layanan yang dibuat KPU. Kami dari Komisi Informasi akan melıhat transparansı informasi," ujar Donny Yoesgıantoro.

KIP RI telah berkoordınası kepada KPU RI terkaıt layanan dan ınforması kepemıluan. Namun KIP memınta KPU juga memberıkan keterangan terkaıt berbagaı layanan kepemıluan. Termasuk ınforması yang dıkecualıkan, atau tıdak bısa dısebarkan. 

"Sementara kita sudah ke KPU. Kami ingin menekankan KPU juga harus berkunjung ke kita harus menjelaskan ke komisi informasi pusat. Layanan-layanan keterbukaan informasi," tambah Donny.

BACA JUGA:Masa Peralihan Menuju Kemarau, Banyak Warga Mulai Beli Air untuk Mencuci

Sementara ıtu, untuk dı Provınsı Bengkulu dısampaıkan Sekprov Hamka Sabri, pemprov akan menyampaıkan setıap ınforması kepada masyarakat. Apalagı untuk penılaıan keterbukaan ınforması, Pemprov telah meraıh predıkat baık.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: